-->
Dampak Yang Di Timbulkan Oleh Kemajuan Iptek
BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Kecendrungan untuk membuatkan teknologi sempurna atau teknologi madya, termasuk di dalamnya untuk diterapkan dalam bidang industri ialah akhir langsiung dari pengalaman pembangunan dunia ektiga selama decade 50 an dan menerima penitikberatan kembali pada tahun 70 an ini. Sementara itu, di Indonesia kecendrungan pemilihan teknologi ini ialah umpan balik setelah mencicipi akhir yang aktual dari penerapan taktik revolusi hijau di bidang pertanian dan teladan pengembangan industru substitusi import yang padat modal didaerah perkotaan, yang semata ialah kebutuhan golongan berpenghasilan tinggi. Pengalaman industrialisasi di Negara- Negara berkembang selama ini, termasuk Indonesia ternyata penerapan teknologi tinggi padat modal menyerap tenaga kerja yang kecil dan secara structural menjadikan pengangguran masal.



BAB II
PEMBAHASAN


A.     Pangan (Makanan)
Dampak yang di timbulkan oleh kemajuan IPTEK ada yang positif dan ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain:

1.      Ditemukannya hibrida yang dalam waktu singkat sanggup di produksi wberlipat ganda.
digunakan mekanikasi pertanian untuk mengambil hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila di bandingkan dengan tenaga Manusia.
2.      Diterapkanya cara pemupukan yang sempurna serta digunakannya kuman yang sanggup memperkuat akar tumbuhan dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasil bertambah banyak.
3.      Digunakan bioteknologi (misalnya hormone tumbuhan ), untuk merangsang tumbuh daun ,bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih baik.

Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja sanggup memberantas hama tanaman, tetapi juga sanggup membunuh binatang ternak, sanggup meracuni hasil pguan, dan bahkan meracuni Manusia sendiri. Setiap penerapan teknologi maju disertai adanya dampak negative. Oleh alasannya ialah itu, kesadaran dan tanggung tanggapan kita di tuntut lebih tinggi biar dampak negatifnya dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi sanggup di tekan sekecil mungkin.

B.     Sandang (Pakaian)

Dampak dari IPA dan teknologi pada sansang ada yang positif ada pula yang negatif.

Dampak positif antara lain:

a)      Menolong Manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakain.
b)      Telah ditemukanya Serat sintesis, baik yang m,embuat dari PokokPokok kayu yang dip roses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari materi galian menyerupai hasi sulingan kerikil bara dan minyak bumi yang sanggup diproses menjadi serat- searat sintesis, menyerupai polyester, polipropelin, polietilin, dan lain- lain.

Dampak negative, antar lain:

a)      Bahan –bahan yang berupa polimer sintesis yang dalam sehari- hari dinamakanplatik, kalu menjadi sampah tidak sanggup dihancurkan oleh bakteri- kuman pembusuk.
b)      Sampah plastik kalau di bakar akan mengakibatkan menipisnya lapisan ozon.Namun, bila tidak dibakar, sanggup mencemarkan tanah sehingga mengurangi kerindangan tanah.

C.     Papan (Tempat tinggal)

Dampak positifnya, antara lain:
melaluiataubersamaini menerapkan teknologi maju, Manusia mampu membangun rumah dan gedung- gedung pencakar langit. Orang tidak lagi memakai tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol  dan dalam beberapa detik saja orang sudah hingga di lantai yang dituju.

Dampak negatifnya, antara lain:
a)      melaluiataubersamaini peralatan moderen, orang dengan sangat simpel membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedung, dan sebagainy atau untuk perabotan yang lain. Akibatny hutan menjadi gundul dan bila hujan terrjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, janjkematian sumber air, hilanya kerindangan tanah yang karenanya menyengsarakanManusia sendiri.
b)      melaluiataubersamaini diterapkan teknologi moderen, tenaga Manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak tejadi pengguran.Sebagai akhir dari pengangguran ini timbul kejahatan dimana- mana.


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
IPTEK sangatlah berperan dalam kehidupan Manusia karena dengan adanya iptek segala bentuk aktifitas/kegiatan Manusia menjadi lebih gampang.Semakin tnggi teknologi yang ditemukan maka semakin tinggi pula dampak negative yang ditimbulkan.Namun untuk mengurangi dampak negative tersebut perlu adanya kesadaran dan tanggung tanggapan tinggi dari kita sendiri biar dampak negative dari kemajuan iptek sanggup ditekan sekecil mungkin.

LihatTutupKomentar