-->
Konsep Bauran Pemasaran [Marketing Mix] : Definisi Dan Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Pengertian Bauran Pemamasukan [Marketing Mix] :
“Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih mempunyai arti bauran pemamasukan yaitu kumpulan dari variabel-variabel pemamasukan yang sanggup dikendalikan yang dipakai oleh suatu tubuh perjuangan untuk mencapai tujuan pemamasukan dalam pasar samasukan.
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the sasaran market. yang kurang lebih mempunyai arti bahwa bauran pemamasukan yaitu sejumlah alat-alat pemamasukan yang dipakai perusahaan untuk menyakinkan obyek pemamasukan atau sasaran pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978) Bauran pemamasukan (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang ialah inti dari sistem pemamasukan perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Ada banyak alat pemamasukan, McCarthy mempopulerkan dukungan kiat pemamasukan ke dalam 4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product, price, place, and promotion” (cited in Kotler, 1992:92).

Keempat bauran pemamasukan tersebut secara singkat dijelaskan sebagai diberikut:
1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk sanggup terdiri dari product variety, quality, design, feature, merk name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga mencakup last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu aneka macam kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar samasukan. Tempat mencakup antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu aneka macam kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar samasukan. Variabel promosi mencakup antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemamasukan (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu tiruana bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu aneka macam jadwal yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi gambaran perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi eksklusif antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melaksanakan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melaksanakan komunikasi pemamasukan secara eksklusif untuk mendapat respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang sanggup dilakukan dengan memakai surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Evolusi Faktor Bauran Pemamasukan [ Marketing Mix]
Bauran pemamasukan yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan sudah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan sikap konsumen dan kecerdasan para andal pemamasukan. Lovelock dan Wright (2002:13-15) membuatkan bauran pemamasukan (marketing mix) menjadi integrated service management dengan memakai pendekatan 8Ps, yaitu:

product elements, place, cyberspace, and time, promotion and education, price and other user outlays, process, productivity and quality, people, and physical evidence.

1. Product elements yaitu tiruana komponen dari kinerja layanan yang membuat nilai bagi pelanggan.
2. Place, cyberspace, and time yaitu keputusan administrasi terkena kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
3. Promotion and education yaitu tiruana kegiatan komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan diberikan.
4. Price and other user outlays yaitu pengeluaran uang, waktu, dan perjuangan yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.
5. Process yaitu suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang dibutuhkan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan
6. Productivity and quality, produktivitas yaitu sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang sanggup menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas yaitu derajat suatu layanan yang sanggup memuaskan pelanggan sebab sanggup memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.
7. People yaitu pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
8. Physical evidence yaitu perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam menyajikan secara konkret kualitas produk dan layanan.

Download Jurnal wacana Strategi Pemamasukan

LihatTutupKomentar