1. Dimensi Desain Organisasi
Menurut Richard L. Daft (Daft, 1998, p.15), dimensi desain organisasi terdiri dari 2 tipe yaitu :
A. Dimensi Struktural
yaitu dimensi yang menggambarkan karakteristik internal dari organisasi dan membuat suatu dasar untuk mengukur dan membandingkan organisasi. Dimensi struktural terdiri dari :
1. Formalisasi.
“Formalization refers to the extent to which rules, policies, procedures, formal training, norms, and traditions standarize behavior in an organization.” (Bedelan & Zammuto, 1991, 129). yang berarti formalisasi mengacu pada suatu tingkat yang terhadapnya pekerjaan di dalam organisasi itu dibakukan. Jika suatu pekerjaan sangat diformalkan, maka pelaksana pekerjaan tersebut mempunyai tingkat keleluasaan yang minimum terkena apa yang harus dikerjakan, kapan harus dikerjakan, dan bagaimana ia harus mengerjakan. Ada 3 macam jenis formalisasi, yaitu :
a. Formalisasi menurut pekerjaan
Dalam hal ini, organisasi menyatukan spesifikasi sikap kerja dengan pekerjaan itu sendiri, dan biasanya hal ini di dokumentasikan pada deskripsi kerja yang formal. Pelaku pekerjaan atau pemegang jabatan akan didiberitahu langkah apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan, dalam urutan yang bagaimana, kapan dan di mana.
b. Formalisasi menurut fatwa pekerjaan
Selain menghubungkan spesifikasi sikap kerja dengan pekerjaan itu sendiri, organisasi juga sanggup menyatukan spesifikasi tersebut dengan pekerjaan itu sendiri. misal : Seorang operator mesin percetakan mendapatkan daftar aba-aba untuk tiap-tiap
pencetakan.
c. Formalisasi menurut peraturan
Formalisasi yang terakhir ini membangun suatu peraturan untuk tiruana situasi, tiruana pekerjaan, fatwa kerja, tiruana karyawan. Peraturan ini juga mencakup beberapa aspek siapa yang sanggup dan tidak sanggup melaksanakan sesuatu pekerjaan, kapan, di mana, dan dengan seijin
siapa.
2. Spesialisasi
“Specialization is the degree to which organizational tasks are subdivided into separate jobs.” (Daft, 1998, p.16). Hakikat spesialisasi ialah bahwa, daripada dilakukan oleh satu individu, lebih baik seluruh pekerjaan itu dipecah-pecah menjadi sejumlah langkah, dengan tiap langkah diselesaikan oleh seorang individu yang berlainan. Pada dasarnya, individu-individu berspesialisasi dalam mengerjakan bab dari suatu kegiatan, bukannya mengerjakan seluruh kegiatan. Suatu spesialisasi kerja dikatakan bersifat ekstensif apabila setiap karyawan spesialuntuk mengerjakan tugas-tugas tertentu yang sempit wilayahnya. Suatu spesialisasi dikatakan rendah apabila karyawan mengerjakan tugas-tugas yang mempunyai batasan yang luas.
Kadang-kadang spesialisasi disebut juga sebagai “division of labor”. Ada 2 (dua) tipe spesialisasi, yaitu :
a. Spesialisasi horizontal
Spesialisasi horizontal ini menunjuk pada ruang lingkup suatu pekerjaan, atau pada tingkat mana seorang karyawan melaksanakan suatu pekerjaan yang lengkap. Semakin kecil bab suatu karyawan terhadap suatu pekerjaan secara keseluruhan, maka semakin horizontal tingkat spesialisasi pada pekerjaan tersebut.
b. Spesialisasi vertikal
Spesialisasi vertikal menunjuk pada tingkat kontrol yang dimiliki oleh seorang karyawan terhadap suatu pekerjaan. Semakinbanyak keputusan yang dibentuk oleh seorang karyawan, terkena bagaimana dan kapan harus melaksanakan suatu tugas, dan semakin terbatas sikap karyawan untuk melaksanakan kiprah tersebut diatur oleh peraturan, prosedur, pengawasan ataupun teknologi, semakin rendah
tingkat spesialisasi vertikalnya.
3. Standarisasi
Any procedure that occurs regularly, is legitimized by the organization, has rules that cover circumstances dan applies invariably.(Jackson & Morgan, 1978, 92)
Standarisasi menunjuk pada mekanisme yang di desain untuk membuat acara organisasi menjadi teratur, dan hal ini secara otomatis akan memfasilitasi adanya koordinasi.
4. Hierarki Otoritas.
Authority refers to the rights inherent in a managerial position to give orders and expect the orders to be obeyed.” (Robbins, 2003,429)
Otoritas ialah bentuk dari kekuasaan yang ada pada suatu posisi atau kantor. Ketika hak untuk mengatur bawahan termasuk dalam otoritas seseorang, maka otoritas tersebut mempersembahkan hak untuk membatasi pilihan dan perbuatan yang dilakukan oleh bawahan. Bawahan diharapkan mematuhi perintah dari atasan. Meskipun jenis kekuasaan ini mempunyai batasan-batasan, namun otoritas mempersembahkan kebebasan beberapa anggota organisasi untuk membuat budi dan bertindak, dibandingkan anggota organisasi lainnya.
Hierarki otoritas menggambarkan siapa melapor pada siapa dan bagaimana kontrol dari seorang manajer. Hierarki bekerjasama dengan “span of control”, yaitu jumlah karyawan yang melapor pada seorang supervisor.
Ketika span of control ini sempit, hierarki otoritasnya cenderung tinggi, saat span of control ini lebar, hierarki otoritasnya akan lebih pendek.
5. Kompleksitas
Kompleksitas menunjuk pada jumlah acara maupun subsistem pada organisasi. Kompleksitas sanggup diukur melalui 3 ( tiga ) diferensiasi yaitu vertikal, horizontal dan spatial.
a. Diferensiasi vertikal. Semakin banyak tingkatan yang ada antara administrasi puncak dengan bab operasional, organisasi tersebut semakin kompleks. Hal ini dikarenakan ada potensi yang lebih besar untuk komunikasi yang terputus dan semakin
susah untuk mengkoordinasikan keputusan antar manajer. Selain itu juga lebih susah bagi administrasi puncak untuk mengamati dari erat kegiatan yang dilakukan oleh pihak operasional.
b. Diferensiasi horizontal ialah jumlah jenis pekerjaan satu departemen yang ada pada organisasi. Semakin banyak jumlah pekerjaan yang ada pada suatu organisasi yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus, semakin tinggi kompleksitas horizontal pada organisasi tersebut. Orientasi yang tidak sama-beda ini mengakibatkan adanya kesusahan yang lebih besar bagi para anggota organisasi untuk berkomunikasi dan lebih menyulitkan bagi administrasi untuk mengkoordinasikan acara mereka.
c. Diferensiasi spatial ialah jumlah tempat dari keberadaan organisasi secara fisik. melaluiataubersamaini meningkatnya diferensiasi spatial ini maka semakin tinggi pula kompleksitasnya.
6. Sentralisasi
Istilah sentralisasi mengacu pada hingga tingkat mana pengambilan keputusan dipusatkan pada suatu titik tunggal dalam organisasi. Konsep itu spesialuntuk mencakup beberapa aspek wewenang formal, yaitu hak-hak inheren dalam posisi seseorang. Dikatakan bahwa saat administrasi puncak membuat keputusan-keputusan kunci dalam organisasi dengan masukan yang terbatas dari karyawan yang berada di bawahnya, maka organisasi tersebut mempunyai tingkat sentralisasi tinggi. Sebaliknya, semakin banyak karyawan yang berada di bawah administrasi puncak mempersembahkan masukan bagi pengambilan keputusan, maka dikatakan bahwa organisasi lebih terdesentralisasi. Pada perusahaan yang mempunyai huruf sentralisasi tinggi akan mempunyai struktur yang tidak sama dengan perusahaan yang terdesentralisasi. Pada perusahaan yang terdesentralisasi, tindakan sanggup lebih cepat dilakukan saat hendak memecahkan suatu permasalahan, lebih banyak orang yang mempersembahkan masukan pada suatu keputusan, dan karyawan tidak akan terlalu merasa tidak sama dengan orang-orang yang membuat keputusan yang menghipnotis kehidupan kerja mereka.
7. Profesionalisme
Profesionalisme ialah level dari pendidikan formal dan pembinaan yang harus dimiliki dan diikuti oleh karyawan. Profesionalisme dianggap tinggi apabila karyawan harus mengikuti pembinaan dalam jangka waktu yang usang untuk memegang suatu pekerjaan atau jabatan pada perusahaan.
8. Personnel ratio.
Personel ratio menunjuk pada jumlah karyawan pada suatu fungsi atau departemen tertentu.
B. Dimensi Kontektual, yaitu dimensi yang menggambarkan keseluruhan dari suatu organisasi. Dimensi ini menawarkan susunan organisasi yang menghipnotis dan membentuk suatu dimensi struktural organisasi. Terdiri dari :
1. Ukuran. Ukuran ialah besarnya suatu organisasi yang terlihat dari jumlah orang dalam organisasi tersebut. Organisasi sanggup diukur sebagai suatu keseluruhan atau melalui komponen-komponen yang spesifik, contohnya melalui divisi yang ada. Namun biasanya organisasi diukur melalui jumlah karyawan, lantaran organisasi ialah suatu sistem sosial.
2. Teknologi Organisasi. Teknologi organisasi ialah dasar dari subsistem produksi, termasuk metode dan cara yang dipakai untuk mengubah input organisasi menjadi output.
3. Lingkungan. Lingkungan mencakup beberapa aspek seluruh elemen di luar lingkup organisasi. Elemen kunci mencakup beberapa aspek industri, pemerintah, pelanggan, pemasok dan komunitas finansial. Elemen lingkungan yang paling sering berdampak pada suatu organisasi biasanya ialah organisasi yang lain.
2. Bentuk Desain Organisasi
Bentuk dari desain organisasi ini ditentukan oleh tingkat formalisasi yang dilakukan, tingkat sentralisasi dalan organisasi, kualifikasi karyawan, span of control yang ada serta komunikasi dan koordinasi yang ada dalam organisasi (Robbins, 2003,136). Bentuk desain organisasi terdiri dari :
1. Organic
Pada organisasi yang berbentuk organic, maka dalam organisasi ini terdapat tingkat formalisasi yang rendah, terdapat tingkat sentralisasi yang rendah, serta diharapkan pembinaan dan pengalaman untuk melaksanakan kiprah pekerjaan. Selain itu terdapat span of control yang sempit serta adanya komunikasi horisontal dalam organisasi.
2. Mostly Organic
Pada organisasi yang berbentuk mostly organic, formalisasi dan sentralisasi yang diterapkan berada di tingkat moderat. Selain itu diharapkan pengalaman kerja yang banyak dalam organisasi ini. Terdapat span of control yang bersifat antara horisontal yang bersifat lisan dalam organisasi tersebut.
3. Mechanistic
moderat hingga lebar serta lebih banyak komunikasi Pada organisasi yang berbentuk mechanistic, terdapat ciri-ciri yaitu : adanya tingkat formalisasi yang tinggi, tingkat sentralisasi yang tinggi, pembinaan atau pengalaman kerja yang sedikit atau tidak terlalu penting, ada span of control yang lebar serta adanya komunikasi yang bersifat vertikal dan tertulis.
4. Mostly Mechanistic
Pada jenis organisasi ini, terdapat ciri-ciri yaitu : adanya formalisasi dan sentralisasi pada tingkat moderat, adanya training-training yang bersifat formal atau wajib, span of control yang bersifat moderat serta terjadi komunikasi tertulis maupun lisan dalam organisasi tersebut.
Menurut Richard L. Daft (Daft, 1998, p.15), dimensi desain organisasi terdiri dari 2 tipe yaitu :
A. Dimensi Struktural
yaitu dimensi yang menggambarkan karakteristik internal dari organisasi dan membuat suatu dasar untuk mengukur dan membandingkan organisasi. Dimensi struktural terdiri dari :
1. Formalisasi.
“Formalization refers to the extent to which rules, policies, procedures, formal training, norms, and traditions standarize behavior in an organization.” (Bedelan & Zammuto, 1991, 129). yang berarti formalisasi mengacu pada suatu tingkat yang terhadapnya pekerjaan di dalam organisasi itu dibakukan. Jika suatu pekerjaan sangat diformalkan, maka pelaksana pekerjaan tersebut mempunyai tingkat keleluasaan yang minimum terkena apa yang harus dikerjakan, kapan harus dikerjakan, dan bagaimana ia harus mengerjakan. Ada 3 macam jenis formalisasi, yaitu :
a. Formalisasi menurut pekerjaan
Dalam hal ini, organisasi menyatukan spesifikasi sikap kerja dengan pekerjaan itu sendiri, dan biasanya hal ini di dokumentasikan pada deskripsi kerja yang formal. Pelaku pekerjaan atau pemegang jabatan akan didiberitahu langkah apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan, dalam urutan yang bagaimana, kapan dan di mana.
b. Formalisasi menurut fatwa pekerjaan
Selain menghubungkan spesifikasi sikap kerja dengan pekerjaan itu sendiri, organisasi juga sanggup menyatukan spesifikasi tersebut dengan pekerjaan itu sendiri. misal : Seorang operator mesin percetakan mendapatkan daftar aba-aba untuk tiap-tiap
pencetakan.
c. Formalisasi menurut peraturan
Formalisasi yang terakhir ini membangun suatu peraturan untuk tiruana situasi, tiruana pekerjaan, fatwa kerja, tiruana karyawan. Peraturan ini juga mencakup beberapa aspek siapa yang sanggup dan tidak sanggup melaksanakan sesuatu pekerjaan, kapan, di mana, dan dengan seijin
siapa.
2. Spesialisasi
“Specialization is the degree to which organizational tasks are subdivided into separate jobs.” (Daft, 1998, p.16). Hakikat spesialisasi ialah bahwa, daripada dilakukan oleh satu individu, lebih baik seluruh pekerjaan itu dipecah-pecah menjadi sejumlah langkah, dengan tiap langkah diselesaikan oleh seorang individu yang berlainan. Pada dasarnya, individu-individu berspesialisasi dalam mengerjakan bab dari suatu kegiatan, bukannya mengerjakan seluruh kegiatan. Suatu spesialisasi kerja dikatakan bersifat ekstensif apabila setiap karyawan spesialuntuk mengerjakan tugas-tugas tertentu yang sempit wilayahnya. Suatu spesialisasi dikatakan rendah apabila karyawan mengerjakan tugas-tugas yang mempunyai batasan yang luas.
Kadang-kadang spesialisasi disebut juga sebagai “division of labor”. Ada 2 (dua) tipe spesialisasi, yaitu :
a. Spesialisasi horizontal
Spesialisasi horizontal ini menunjuk pada ruang lingkup suatu pekerjaan, atau pada tingkat mana seorang karyawan melaksanakan suatu pekerjaan yang lengkap. Semakin kecil bab suatu karyawan terhadap suatu pekerjaan secara keseluruhan, maka semakin horizontal tingkat spesialisasi pada pekerjaan tersebut.
b. Spesialisasi vertikal
Spesialisasi vertikal menunjuk pada tingkat kontrol yang dimiliki oleh seorang karyawan terhadap suatu pekerjaan. Semakinbanyak keputusan yang dibentuk oleh seorang karyawan, terkena bagaimana dan kapan harus melaksanakan suatu tugas, dan semakin terbatas sikap karyawan untuk melaksanakan kiprah tersebut diatur oleh peraturan, prosedur, pengawasan ataupun teknologi, semakin rendah
tingkat spesialisasi vertikalnya.
3. Standarisasi
Any procedure that occurs regularly, is legitimized by the organization, has rules that cover circumstances dan applies invariably.(Jackson & Morgan, 1978, 92)
Standarisasi menunjuk pada mekanisme yang di desain untuk membuat acara organisasi menjadi teratur, dan hal ini secara otomatis akan memfasilitasi adanya koordinasi.
4. Hierarki Otoritas.
Authority refers to the rights inherent in a managerial position to give orders and expect the orders to be obeyed.” (Robbins, 2003,429)
Otoritas ialah bentuk dari kekuasaan yang ada pada suatu posisi atau kantor. Ketika hak untuk mengatur bawahan termasuk dalam otoritas seseorang, maka otoritas tersebut mempersembahkan hak untuk membatasi pilihan dan perbuatan yang dilakukan oleh bawahan. Bawahan diharapkan mematuhi perintah dari atasan. Meskipun jenis kekuasaan ini mempunyai batasan-batasan, namun otoritas mempersembahkan kebebasan beberapa anggota organisasi untuk membuat budi dan bertindak, dibandingkan anggota organisasi lainnya.
Hierarki otoritas menggambarkan siapa melapor pada siapa dan bagaimana kontrol dari seorang manajer. Hierarki bekerjasama dengan “span of control”, yaitu jumlah karyawan yang melapor pada seorang supervisor.
Ketika span of control ini sempit, hierarki otoritasnya cenderung tinggi, saat span of control ini lebar, hierarki otoritasnya akan lebih pendek.
5. Kompleksitas
Kompleksitas menunjuk pada jumlah acara maupun subsistem pada organisasi. Kompleksitas sanggup diukur melalui 3 ( tiga ) diferensiasi yaitu vertikal, horizontal dan spatial.
a. Diferensiasi vertikal. Semakin banyak tingkatan yang ada antara administrasi puncak dengan bab operasional, organisasi tersebut semakin kompleks. Hal ini dikarenakan ada potensi yang lebih besar untuk komunikasi yang terputus dan semakin
susah untuk mengkoordinasikan keputusan antar manajer. Selain itu juga lebih susah bagi administrasi puncak untuk mengamati dari erat kegiatan yang dilakukan oleh pihak operasional.
b. Diferensiasi horizontal ialah jumlah jenis pekerjaan satu departemen yang ada pada organisasi. Semakin banyak jumlah pekerjaan yang ada pada suatu organisasi yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus, semakin tinggi kompleksitas horizontal pada organisasi tersebut. Orientasi yang tidak sama-beda ini mengakibatkan adanya kesusahan yang lebih besar bagi para anggota organisasi untuk berkomunikasi dan lebih menyulitkan bagi administrasi untuk mengkoordinasikan acara mereka.
c. Diferensiasi spatial ialah jumlah tempat dari keberadaan organisasi secara fisik. melaluiataubersamaini meningkatnya diferensiasi spatial ini maka semakin tinggi pula kompleksitasnya.
6. Sentralisasi
Istilah sentralisasi mengacu pada hingga tingkat mana pengambilan keputusan dipusatkan pada suatu titik tunggal dalam organisasi. Konsep itu spesialuntuk mencakup beberapa aspek wewenang formal, yaitu hak-hak inheren dalam posisi seseorang. Dikatakan bahwa saat administrasi puncak membuat keputusan-keputusan kunci dalam organisasi dengan masukan yang terbatas dari karyawan yang berada di bawahnya, maka organisasi tersebut mempunyai tingkat sentralisasi tinggi. Sebaliknya, semakin banyak karyawan yang berada di bawah administrasi puncak mempersembahkan masukan bagi pengambilan keputusan, maka dikatakan bahwa organisasi lebih terdesentralisasi. Pada perusahaan yang mempunyai huruf sentralisasi tinggi akan mempunyai struktur yang tidak sama dengan perusahaan yang terdesentralisasi. Pada perusahaan yang terdesentralisasi, tindakan sanggup lebih cepat dilakukan saat hendak memecahkan suatu permasalahan, lebih banyak orang yang mempersembahkan masukan pada suatu keputusan, dan karyawan tidak akan terlalu merasa tidak sama dengan orang-orang yang membuat keputusan yang menghipnotis kehidupan kerja mereka.
7. Profesionalisme
Profesionalisme ialah level dari pendidikan formal dan pembinaan yang harus dimiliki dan diikuti oleh karyawan. Profesionalisme dianggap tinggi apabila karyawan harus mengikuti pembinaan dalam jangka waktu yang usang untuk memegang suatu pekerjaan atau jabatan pada perusahaan.
8. Personnel ratio.
Personel ratio menunjuk pada jumlah karyawan pada suatu fungsi atau departemen tertentu.
B. Dimensi Kontektual, yaitu dimensi yang menggambarkan keseluruhan dari suatu organisasi. Dimensi ini menawarkan susunan organisasi yang menghipnotis dan membentuk suatu dimensi struktural organisasi. Terdiri dari :
1. Ukuran. Ukuran ialah besarnya suatu organisasi yang terlihat dari jumlah orang dalam organisasi tersebut. Organisasi sanggup diukur sebagai suatu keseluruhan atau melalui komponen-komponen yang spesifik, contohnya melalui divisi yang ada. Namun biasanya organisasi diukur melalui jumlah karyawan, lantaran organisasi ialah suatu sistem sosial.
2. Teknologi Organisasi. Teknologi organisasi ialah dasar dari subsistem produksi, termasuk metode dan cara yang dipakai untuk mengubah input organisasi menjadi output.
3. Lingkungan. Lingkungan mencakup beberapa aspek seluruh elemen di luar lingkup organisasi. Elemen kunci mencakup beberapa aspek industri, pemerintah, pelanggan, pemasok dan komunitas finansial. Elemen lingkungan yang paling sering berdampak pada suatu organisasi biasanya ialah organisasi yang lain.
2. Bentuk Desain Organisasi
Bentuk dari desain organisasi ini ditentukan oleh tingkat formalisasi yang dilakukan, tingkat sentralisasi dalan organisasi, kualifikasi karyawan, span of control yang ada serta komunikasi dan koordinasi yang ada dalam organisasi (Robbins, 2003,136). Bentuk desain organisasi terdiri dari :
1. Organic
Pada organisasi yang berbentuk organic, maka dalam organisasi ini terdapat tingkat formalisasi yang rendah, terdapat tingkat sentralisasi yang rendah, serta diharapkan pembinaan dan pengalaman untuk melaksanakan kiprah pekerjaan. Selain itu terdapat span of control yang sempit serta adanya komunikasi horisontal dalam organisasi.
2. Mostly Organic
Pada organisasi yang berbentuk mostly organic, formalisasi dan sentralisasi yang diterapkan berada di tingkat moderat. Selain itu diharapkan pengalaman kerja yang banyak dalam organisasi ini. Terdapat span of control yang bersifat antara horisontal yang bersifat lisan dalam organisasi tersebut.
3. Mechanistic
moderat hingga lebar serta lebih banyak komunikasi Pada organisasi yang berbentuk mechanistic, terdapat ciri-ciri yaitu : adanya tingkat formalisasi yang tinggi, tingkat sentralisasi yang tinggi, pembinaan atau pengalaman kerja yang sedikit atau tidak terlalu penting, ada span of control yang lebar serta adanya komunikasi yang bersifat vertikal dan tertulis.
4. Mostly Mechanistic
Pada jenis organisasi ini, terdapat ciri-ciri yaitu : adanya formalisasi dan sentralisasi pada tingkat moderat, adanya training-training yang bersifat formal atau wajib, span of control yang bersifat moderat serta terjadi komunikasi tertulis maupun lisan dalam organisasi tersebut.