-->
Makalah Penciptaan Ayat Suci Al-Quran
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT sebagai rahmat bagi semesta alam. sepertiyang Rasulullah yang kepadanya diturunkan Al-Qur'an yakni rahmat bagi semesta alam.
Allah SWT berfirman: 
"Dan tiadalah Kami mengutus engkau, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam."(QS Al-Anbiya': 107)
Al-Qur'an ini menjadi rahmat, umumnya bagi semesta alam dan khususnya bagi manusia. Dalam banyak sekali ayatnya, Al-Qur'an banyak memperbincangkan wacana insan dan diam-diam kehidupannya dalam segala aspek yang berkaitan dengannya. Misalnya wacana penciptaan manusia, kejiwaan manusia, tujuan hidup manusia, dan lain sebagainya.
Sebagai keutamaan dari kitab suci Al-Qur'an, kebenaran dari setiap kata dan kalimat yang terdapat di dalamnya, sanggup dibuktikan secara ilmiah. Para ilmuwan sudah banyak menemukan bukti-bukti ilmiah ini, sehingga dugaan orang-orang yang menuduh Al-Qur'an dengan tidak benar sanggup dibantah.
QS.Al-Jaatsiyah 45:20
 "Al-Qur'an ini yakni pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang menyakini." –

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Kitab Allah
Kitab Allāh (Arab: كتاب الله, Kitabullāh) yakni catatan-catatan yang difirmankan oleh Allah kepada para nabi dan rasul. Umat Islam diwajibkan meyakininya, karena mempercayai kitab-kitab selain Al Qur'an sesuai dengan salah satu Rukun Iman. Jumlah kitab yang sudah diturunkan sebanyak 104 kitab suci.

1.      Sejarah Penulisan Dari Teks Qur'an
Tulisan-tulisan firman Allah (Kitab Allah) zaman lampau dibentuk menjadi 2 jenis, yaitu sanggup berupa shuhuf dan mushaf. Kata Suhuf pula terdapat di surah al A'laa
“(yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa.” - (al A'laa 87:19)
Kedua kalimat itu berasal dari akar kalimat yang sama yaitu, "sahafa" (menulis). Shuhuf (Arab:صحيفة tunggal: sahifa) berarti sepenggal kalimat yang ditulis dalam material ibarat kertas, kulit, papirus dan media lain.
Sedangkan mushaf (Arab:مصحف jamak: masahif) berarti kumpulan-kumpulan shuhuf, yang dibundel menjadi satu, ibarat 2 sampul dalam satu isi.
Dalam sejarah penulisan dari teks Qur'an, suhuf terdiri dari beberapa lembaran yang pada balasannya Qur'an dikumpulkan pada masa Abu Bakar. Dalam suhuf tersebut susunan tiap ayat di dalam surah sudah tepat, tetapi lembaran-lembaran yang ada belumlah tersusun dengan rapi, tidak dibundel menjadi satu isi.
Kalimat mushaf pada dikala ini mempunyai arti lembaran-lembaran yang dikumpulkan di dalam Qur'an yang sudah dikoleksikan pada masa Utsman bin Affan. Pada dikala itu, tiap ayat di dalam surah sudah disusun dengan rapi. Saat ini umat Islam juga menyebut setiap duplikat Qur'an, yang mana mempunyai keteraturan tiap ayat dan surah disebut mushaf.

B.     Al-Qur'an
Al-Qur`an ialah kumpulan firman yang didiberikan Allah sebagai satu kesatuan kitab sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. Menurut syariat Islam, kitab ini ditetapkan sebagai kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, selalu terjaga dari kesalahan, dan ialah tuntunan membentuk ketaqwaan manusia.
“Pada bulan bulan puasa yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia.” - (Al-Baqarah: 185)
Tampilan Al-Qur`an dianggap unik, karena berupa prosa diberirama, puisi epik, dan simfoni dalam keterpaduan teks yang indah. Isi Al-Qur`an juga dianggap unik, berupa paduan filsafat semesta, catatan sejarah, peringatan-peringatan dan hiburan, dasar-dasar hukum, serta doa-doa.
Bagi umat Islam, tidak disyariatkan untuk mempelajari isi Taurat, Zabur, dan Alkitab yang ada dikala ini, karena berdasarkan pemikiran Islam, dianggap sudah mengandung banyak sekali tafsiran yang tidak benar dan karena isi ketiruana kitab yang masih diperlukan, sudah dimasukkan ke dalam kitab Al-Qur`an. Namun tidak diharapkan juga upaya untuk menyerang atau menyalah-nyalahkan isi Taurat, Zabur, atau Injil, karena terdapat ayat-ayat Allah di dalamnya.

1.      Penjelasan di dalam al-Qur`an
Dalam firman Allah ayat Al Imraan 3 ayat 4:
“Sebelum (Al Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai tanggapan (siksa).” - (Al Imran 3:4)
Kemudian An Nissa 4 ayat 136 dan 163:
“Wahai orang-orang yang diberiman, tetaplah diberiman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka bahwasanya orang itu sudah sesat sejauh-jauhnya.” -  (An Nissa 4:136)
“Sesungguhnya Kami sudah mempersembahkan wahyu kepadamu sebagaimana Kami sudah mempersembahkan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami sudah mempersembahkan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami diberikan Zabur kepada Daud.  ”- (An Nissa 4:163)

2.      Semua Kitab Turun Pada Bulan Ramadan
Menurut sumber berdasarkan hadits shahih dari Imam Ahmad, ketiruana kitab-kitab suci tersebut turun pada bulan Ramadan, shuhuf Ibrahim turun pada pertama malam pertama bulan Ramadan, Taurat turun pada hari keenam bulan bulan puasa dan Alkitab pada hari ketiga belas dari Ramadan. Al-Qur’an diturunkan pada bulan bulan puasa berdasarkan pada salah satu surah di dalam Al Qur'an yang berbunyi,
“Bulan bulan puasa yang diturunkan di dalamnya Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi insan dan klarifikasi atas petunjuk itu, serta pemisah antara haq dan batil.” - (Al Baqarah 2:185)
Ibnu Katsir menyampaikan bahwa Allah menyanjung bulan bulan puasa diatas bulan-bulan yang lain, yaitu dengan memilihnya sebagai bulan dimana ketiruana kitab-kitab suci diturunkan di dalamnya.

3.      Hubungan Al-Qur'an dengan kitab terlampau
Semua muslim meyakini bahwa adanya wahyu progresif, bahwa wahyu Tuhan berkembang dengan seiring berjalannya waktu dan perbedaan kelompok dari masyarakat. Didalam Al Alquran membenarkan wacana adanya larangan bekerja di hari Sabbath dalam Taurat, tetapi Al Alquran membolehkan bekerja dan mengesampingkan hal tersebut.
Pada pertama tahun kenabian Muhammad, sebuah wahyu didiberitakan kepadanya,
 “Katakanlah: Hai Ahli Kitab, engkau tidak dipandang beragama sedikitpun hingga engkau menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Alquran yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu..” -  (Al Maidah 5:68)

Kalimat ini diyakini oleh pemeluk agama Islam bahwa konversi agama usang menjadi agama Islam akan dimulai dengan segala ketulusan hati mengikuti firman dari kita-kitab suci sebelum Al Quran.

C.    Turunnya Al-Quran Pada Malam Lailatul Qadar
Peringatan turunnya al-Quran pertama kali yang disebut malam peringatan Nuzulul Quran. Hal ini juga ‘terkesan’ dikuatkan dengan catatan kaki dalam “al-Quran dan Terjemahnya”surat adh-Dhukhan ayat 3.
Artinya :
“Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi[1369] dan Sesungguhnya Kami-lah yang memdiberi peringatan”.
Firman Allah subhanahu wa ta’alaa dalam surat al-Qadr ayat pertama:
Artinya :
“Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan”
Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebemasukan, Karena pada malam itu permulaan Turunnya Al Quran.
Ayat diatas dengan terperinci bahwa al-Quran diturunkan pada malam kemulian (Lailatul Qadar) dan juga Terlihat terperinci bahwa catatan kaki untuk ayat di atas dalam “al-Quran dan Terjemahnya” juga menunjukan bahwa malam permulaan turunnya al-Quran yakni pada malam tersebut. Sekarang yang menjadi pertanyaan, kapan terjadinya malam Lailatul Qadar, malam dimana al-Quran itu turun ? apakah benar pada 17 Ramadhan ibarat yang selama ini oleh sebagian kaum muslimin Indonesia mempertingatinya ?
Nabi shallahu’alaihi wa sallam pernah mengabarkan kepada kita wacana kapan akan hadirnya malam Lailatul Qadar. Beliau pernah bersabda:
“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (Hadits Riwayat Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Beliau shallahu’alaihi wa sallam juga bersabda:
“Berusahalah untuk mencarinya pada sepuluh hari terakhir, apabila kalian lemah atau kurang fit, maka tidakboleh hingga engkau lengah pada tujuh hari terakhir”(Riwayat Bukhori dan Muslim)
melaluiataubersamaini demikian sudah terperinci bahwa lailatul qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yaitu pada malam-malam ganjilnya 21, 23, 25, 27 atau 29. Maka gugurlah keyakinan sebagian kaum muslimin yang menyatakan bahwa turunya al-Quran pertama kali pada tanggal 17 Ramadhan.

D.    Pendapat Ulama Tentang Awal Permulaan Wahyu
Dalam kitab siroh syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarokfury dia menunjukan bahwa memang ada perbedaan pendapat diantara pakar sejarah wacana kapan pertama mula turunnya wahyu, yaitu turunnya surat Al-Alaq: 1-5.
Beliau menguatkan pendapat yang menyatakan pada tanggal 21. Beliau mengatakan:
“Kami menguatkan pendapat yang menyatakan pada tanggal 21, sekalipun kami tidak melihat orang yang menguatkan pendapat ini. Sebab tiruana pakar biografi atau setidak-tidaknya lebih banyak didominasi di antara mereka setuju bahwa dia diangkat menjadi Rasul pada hari senin, hal ini diperkuat oleh riwayat para imam hadits, dari Abu Qotadah radliyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah ditanya wacana puasa hari senin. Maka dia menjawaban,
“Pada hari inilah saya dilahirkan dan pada hari ini pula turun wahyu (yang pertama) kepadaku.”
Dalam lafdz lain disebutkan, “Itulah hari saya dilahirkan dan pada hari itu pula saya diutus sebagai rasul atau turun wahyu kepadaku”
Lihat shahih Muslim 1/368; Ahmad 5/299, Al-Baihaqi 4/286-300, Al-Hakim 2/602.

Hari senin dari bulan Ramadhan pada tahun itu yakni jatuh pada tanggal 7, 14, 21, dan 28. Beberapa riwayat yang shahih sudah menunjukkan bahwa Lailatul Qodar tidak jatuh kecuali pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Kaprikornus jikalau kami membandingkan antara firman Allah,

Surat Al-Qadr. 1
Artinya : “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qodar”,
melaluiataubersamaini riwayat Abu Qotadah, bahwa diutusnya dia sebagai rasul jatuh pada hari senin, serta berdasarkan penelitian ilmiah wacana jatuhnya hari senin dari bulan Ramadhan pada tahun itu, maka jelaslah bagi kami bahwa diutusnya dia sebagai rasul jatuh pada malam tanggal 21 dari Bulan Ramadhan. (Lihat Kitab Siroh Nabawiyyah oleh Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarokfury Bab Di Bawah Naungan Nubuwah, hal. 58 pustaka al-Kautsar)

Maka jelaslah bahwa pendapat kapan al-Quran turun, baik al-Quran turun dari Baitul Izzah ke langit dunia atau dari langit dunia ke Rasulullah keduanya  saling melengkapi, dan bukan terjadi di 17 Ramadhan. Wallahu’alam.

E.     Fungsi dan Keistimewaan Ayat Suci Al-Qur'an
Al-Qur'an sebagai mukjizat terbesar yang didiberikan oleh Allah kepada Muhammad mempunyai banyak keistimewaan dibanding kitab-kitab suci lainnya. Al-Qur'an menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya. Isinya mencakup beberapa aspek seluruh aspek kehidupan manusia, mengatur hubungan sesama manusia, sesama makhluk ciptaan-Nya dan juga antara makhluk dengan Sang Pencipta.
Tak spesialuntuk itu, disamping membaca Al-Qur'an mempunyai keutamaan pahala yang cukup besar, ayat suci Al-Quran juga mempersembahkan faedah dan manfaat secara fisik dan ruhiyah bagi yang membacanya.

F.     Fungsi Ayat - Ayat Al-Quran
Ayat suci Al-Qur'an yakni perkataan Allah Swt, bukan sebuah syair ataupun ungkapan para pujangga. Isi dan kemurniannya terjaga sepanjang zaman. Kitab suci Al-Qur'an ialah panduan hidup seluruh ummat manusia.
Ibarat sebuah drama, ayat suci Al-Qur'an menjadi naskah skenario kehidupan. Para pemain drama wajib mengetahui dan memahami isi skenario, jikalau ingin tampil sebagai pemain yang baik dalam laur drama yang dimainkan. Demikianlah analogi pemahaman ayat suci Al-Qur'an dalam kehidupan manusia.
Al-Qur'an ialah skenario hidup. Orang-orang yang jalan hidupnya merasa kacau dan menemukan banyak masalah, boleh jadi disebabkan karena ketidakpahaman dirinya akan skenario hidup itu sendiri, yakni Al-Qur'an. Semakin Anda malas mempelajari dan memahami skenario hidup, maka akan semakin kacaulah jalan hidup yang di lalui.
Fungsi diturunkannya ayat-ayat suci Al-Qur'an tak lain menjadi petunjuk dan panduan hidup ummat manusia. Allah menunjukkan betapa Dia Sang Maha Pengasih dan Penyayang. Al-Qur'an diturunkan tidak spesialuntuk untuk ummat Islam, namun ditujukan kepada seluruh insan yang mau mengambil pesan yang tersirat dan pelajaran dari mukjizat terakbar ini.

G.    Keistimewaan Ayat Suci Al-Qur'an
Sebagai bentuk perkataan Tuhan, ayat suci Al-Qur'an mempunyai banyak keistimewaan bagi manusia. Baik bagi yang membaca, mengamalkan maupun yang mendengarkan. Berikut beberapa keistimewaan ayat-ayat suci Al-Qur'an:
·         cepatdangampang Dihapal. Ada banyak para penghafal ayat-ayat suci Al-Qur'an. Tak spesialuntuk tercatat dalam sejarah kenabian, bahkan hingga dikala ini jumlah para penghafal Al-Qur'an sudah tersebar di seluruh dunia. Anak kecil biasanya lebih praktis menghafal ayat suci Al-Qur'an. Kegampangan tersebut muncul karena faktor ingatan yang masih berpengaruh dan tingkat maksiat yang dilakukan bawah umur kecil masih sedikit. Ayat Al-Qur'an yakni suatu ilmu yang suci, menghafalnya membutuhkan kemembersihkanan dan kejernihan hati.
·         Indah dan Menyejukkan. Ayat-ayat suci Al-Qur'an bukanlah syair atau karya sastra. Namun ada baiknya berguru dari keindahan ayat-ayat suci tersebut. Dalam tiap selesai potongan ayat Al-Qur'an, tak jarang Anda temukan bentuk rima yang indah, diksi yang kokoh dan menarikdanunik. Yang paling penting yakni kandungan dari makna ayat-ayat tersebut yang indah dan menyejukkan. Bagi siapa saja yang merasa jiwanya sedang sakit dan rindu ketenangan, tak salah menyebabkan Al-Quran sebagai salah satu penawar.
·         Tidak Bisa Ditiru. Allah sendiri sudah menantang para penyair kafir yang menyatakan bahwa Al-Quran yakni syair Muhammad yang dibuat-buat. Allah menantang kaum kafir tersebut untuk membuat pola satu surat saja yang sanggup menandingi kehebatan Al-Quran. Dan hingga detik ini tak satupun insan yang sanggup melakukannya. Dari sinilah terbukti secara terperinci bahwa ayat suci Al-Quran ialah firman Allah.

H.    Hukum Islam dalam ayat Al-Qur’an
Hukum yang termuat dalam ayat suci Al Qur’an di antaranya ada aturan perkawinan, aturan waris, aturan perjanjian atau muamalah, aturan pidana, aturan disiplin, aturan perang dan aturan antar bangsa.
Sebagai mukjizat, Allah buktikan dengan adanya ayat yang menunjukan dongeng Nabi Musa As., yang didiberi kekuatan membelah lautan dengan hentakan tongkat kayunya (QS Asy Syu’araa: 45, 63-66), kemudian mukjizat yang didiberikan kepada Nabi Isa as., yang sanggup menghidupkan orang yang sudah mati (QS Ali ’Imran: 49).
Sedangkan mukjizat yang Allah diberikan kepada Nabi Muhammad SAW, di antaranya perjalanan Isra’ Mi’raj dalam waktu satu malam
(QS Al Israa’: 1),
“Maha Suci Allah, yang sudah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang sudah Kami berkahi sekelilingnya biar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari gejala (kebemasukan) Kami. Sesungguhnya Dia yakni Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
Serta diturunkannya Al Qur’an
Al Qur’an (QS Al Hijr: 9).
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan bahwasanya Kami benar-benar memeliharanya..”

Sebagai pedoman hidup, sudah tentu Al Qur’an wajib dibaca bagi umat Islam sedunia. Membaca ayat suci Al Qur’an tidak sama dengan kita membaca buku. Ada beberapa aturan yang harus kita perhatikan. Jika kita membaca dengan tidak benar, akan membuat orang yang mendengarnya tidak mendapat pahala.
Karena aturan membaca dan mendengar Al Qur’an sama, yakni mendapat pahala. Sehingga bagi yang sedang membaca atau menpenghasilan Al Qur’an sebaiknya membaca sesuai dengan aturan tajwid atau tanda baca yang diputuskan Allah dan rasul-Nya untuk membaca Al Qur’an.

I.       Keajaiban Makhluk Ciptaan Allah dalam Ayat Suci Al Qur’an
Memikirkan hal-hal yang diciptakan oleh Allah Swt, ialah perbuatan yang sangat penting dan sangat dianjurkan. Di dalam ayat suci Al Qur’an, Allah Swt berfirman:
“Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat gejala kebemasukan Allah bagi mereka yang berfikir” (QS. An-Nahl: 11)
Allah Swt tidak menyukai orang-orang yang tidak memanfaatkan potensi akalnya untuk merenungkan gejala kekuasaan dan kebemasukan-Nya, serta tidak mengambil pesan yang tersirat dari segala sesuatu yang sudah diciptakan-Nya. Allah Swt sudah berfirman:
“Berapa banyak gejala kebemasukan Allah yang ada di langit dan di bumi yang silam begitu sja. Yang demikian itu karena mereka tidak mempedulikannya” (QS. Yusuf: 105).
 “Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dengan siang terdapat gejala kebemasukan Allah bagi siapa saja yang mempunyai nalar (dan berfikir). Yaitu orang-orang yang selalu mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, atau dalam keadaan pulas. Dan mereka merenungkan insiden di langit dan di bumi” (QS. Ali Imran: 190-191).

J.      Jaminan Masuk Surga dalam Ayat Suci Al-Qur’an
Allah Swt menyediakan nirwana yang penuh kenikmatan bagi setiap hamba yang taat kepada-Nya. Kenikmatan nirwana ialah kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata dan belum pernah terbersit dalam benak manusia. Penghuni nirwana akan mencicipi banyak sekali kenikmatan di dalamnya. Apa yang diinginkan dan diangankan olehnya, pasti akan mereka peroleh.
Sebaik-baik daerah kembali di alam abadi yakni surga. INI daerah orang-orang yang diberiman dan selalu berinfak shaleh semasa hidupnya. Tempat yang tidak tergambarkan oleh pikiran manusia. Sekalipun insan sanggup menggambarkan nirwana dengan bahasa yang indah dan sastra yang tinggi, namun itu tidak akan sanggup mengungkapkan kenikmatan tersebut.
Surga penuh kenikmatan ini diciptakan Allah Swt sebagai ganjaran atas jerih payah hamba-Nya yang bertakwa. Allah Swt berfirman:

“Dan orang-orang yang diberiman yang mengerjakan amal shaleh, bahwasanya akan kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam surga. Yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Mereka infinit di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang yang beramal” (QS Al-Ankabut: 58).

Orang yang pantas mendambakan nirwana yakni orang yang benar-benar diberiman kepada Allah Swt dan banyak berinfak shaleh. Tentunya tidak cukup dengan amalan wajib semata, tetapi juga harus ditambah amalan-amalan sunnah lainnya.

K.    Aturan Baca Al-Qur’an
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an itu ada aturannya. Hal ini dikarenakan arti yang salah jikia kita tidak membacanya sesuai dengan aturan yang ditentukan. Salah satu aturan membaca ayat Al-Qur’an itu harus sesuai tajwidnya. Membaca Al Qur;an juga harus dalam keadaan suci. Ketika membaca ayat Al-Qur’an kita juga harus memperhatikan aspek watak membaca Al-Qur’an yang baik, di antaranya sebagai diberikut.
·         Disunnatkan membaca ayat Al-Qur’an sehabis berwudhu atau dalam keadaan suci dan membersihkan. Lalu, mengambil Al-Qur’an hendaknya memakai ajun dan sebaiknya memeganggnya dengan kedua belah tangan.
·         Disunnatkan membaca ayat Al-Qur’an di daerah yang membersihkan, yang jauh dari najis. Lebih diutamakan membaca di masjid.
·         Disunnatkan membaca ayat Al-Qur’an dengan menghadap kiblat, membacanya dengan khusyu dan tenang.
·         Mengenakan pakaian yang pantas. Untuk perempuan mengenakan jilbab dan bagi pria mengenakan sarung.
·         Ketika membaca ayat Al-Qur’an, verbal hendaknya membersihkan, tidak sedang makan, minum, dan sebaiknya sebelum membaca ayat Al-Qur’an verbal dan gigi kita membersihkankan terlebih lampau.
·         Sebelum membaca ayat Al-Qur’an disunnatkan membaca ta’awwudz, yang berbunyi, “a’udzubillahi minasy syaithanirrajim”, dan diakhiri dengan bacaan “shadaqallahul azim”.
·         Membaca ayat Al-Qur’an dengan tartil, yaitu membaca dengan hening dan pelan-pelan dengan bunyi yang anggun lagi merdu.
Membaca ayat Al-Qur’an dengan khusyu’ , karena sentuhan dari ayat suci Al-Qur’an yang dibaca sanggup menyentuh jiwa dan perasaan kita. Membaca Al-Qur’an sesuai dengan aturannya tidak akan terjebak dalam tafsir yang salah. Jadi, jikalau Anda belum sanggup membaca sesuai dengan aturan wajib dan sunnahnya, sebaiknya belajarlah dari sekarang.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
-          Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT sebagai rahmat bagi semesta alam. sepertiyang Rasulullah yang kepadanya diturunkan Al-Qur'an yakni rahmat bagi semesta alam.
-          Kitab Allāh (Arab: كتاب الله, Kitabullāh) yakni catatan-catatan yang difirmankan oleh Allah kepada para nabi dan rasul. Umat Islam diwajibkan meyakininya, karena mempercayai kitab-kitab selain Al Qur'an sesuai dengan salah satu Rukun Iman. Jumlah kitab yang sudah diturunkan sebanyak 104 kitab suci.
-          Al-Qur`an ialah kumpulan firman yang didiberikan Allah sebagai satu kesatuan kitab sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. Menurut syariat Islam, kitab ini ditetapkan sebagai kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, selalu terjaga dari kesalahan, dan ialah tuntunan membentuk ketaqwaan manusia.
-          Membaca Al-Qur'an mempunyai keutamaan pahala yang cukup besar, ayat suci Al-Quran juga mempersembahkan faedah dan manfaat secara fisik dan ruhiyah bagi yang membacanya.
-          Ayat suci Al-Qur'an yakni perkataan Allah Swt, bukan sebuah syair ataupun ungkapan para pujangga. Isi dan kemurniannya terjaga sepanjang zaman. Kitab suci Al-Qur'an ialah panduan hidup seluruh ummat manusia
-          Keistimewaan Ayat Suci Al-Qur'an
-          cepatdangampang Dihapal. 
-          Indah dan Menyejukkan. 
-          Tidak Bisa Ditiru. 

B.     SARAN
Dalam Pembahasan bahan di atas terkena  penciptaan ayat suci alquran mngkin masih banyak belum sempurnanya, baik di segi penulisan ataupun di dari penyusunan kalimat dan kata-katamya,oleh sebap itu penulis minta maaf sebesar-besarnya kepada dosen dan mahasiswa tiruana, terimakasih


Selengkapnya Klik DOWNLOAD

LihatTutupKomentar