-->
Komunikasi : Arti, Fungsi Dan Bentuk
Pengertian Komunikasi
Komunikasi ialah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan memakai lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi memakai media tertentu untuk merubah perilaku atau tingkah laris seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).
Komunikasi ialah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, gosip dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30).
Tidak ada kelompok yang sanggup eksis tanpa komunikasi : pentransferan makna di antara anggota-anggotanya. Hanya lewat pentransferan makna dari satu orang ke orang lain gosip dan gagasan sanggup dihantarkan. Tetapi komunikasi itu lebih dari sekedar menanamkan makna tetapi harus juga dipahami (Robbins, 2002 : 310).

Pengertian Komunikasi
Komunikasi ialah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan memakai lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi memakai media tertentu untuk merubah perilaku atau tingkah laris seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).
Komunikasi ialah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, gosip dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30).
Tidak ada kelompok yang sanggup eksis tanpa komunikasi : pentransferan makna di antara anggota-anggotanya. Hanya lewat pentransferan makna dari satu orang ke orang lain gosip dan gagasan sanggup dihantarkan. Tetapi komunikasi itu lebih dari sekedar menanamkan makna tetapi harus juga dipahami (Robbins, 2002 : 310).
Fungsi Komunikasi
Fungsi komunikasi ialah :
a. Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi memiliki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
b. Motivasi : komunikasi memmenolong perkembangan motivasi dengan menandakan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang sanggup dikerjakan untuk memperbaiki kinerja kalau itu di bawah standar.
c. Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka ialah sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu ialah mekanisme mendasar dengan mana anggota-anggota menawarkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh sebab itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
d. Informasi : komunikasi mempersembahkan gosip yang dibutuhkan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna terkena dan menilai pilihan-pilihan alternatif (Robbins, 2002 : 310-311).

Bentuk-bentuk Komunikasi
Bentuk-bentuk komunikasi sanggup dijabarkan sebagai diberikut :
a. Komunikasi vertikal
Komunikasi vertikal ialah komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas atau komunikasi dari pimpinan ke bawahan dan dari bawahan ke pimpinan secara timbal balik.
b. Komunikasi horisontal
Komunikasi horisontal ialah komunikasi secara mendatar, contohnya komunikasi antara karyawan dengan karyawan dan komunikasi ini sering kali berlangsung tidak formal yang berlainan dengan komunikasi vertikal yang terjadi secara formal.
c. Komunikasi diagonal
Komunikasi diagonal yang sering juga dinamakan komunikasi silang yaitu seseorang dengan orang lain yang satu dengan yang lainnya tidak sama dalam kedudukan dan belahan (Effendy, 2000 : 17).
Pendapat lainnya sebut, komunikasi sanggup mengalir secara vertikal atau lateral (menyisi).
Dimensi vertikal sanggup dibagi menjadi ke bawah dan ke atas.
a. Ke bawah : Komunikasi yang mengalir dari satu tingkat dalam suatu kelompok atau organisasi ke suatu tingkat yang lebih bawah. Kegunaan dari pada komunikasi ini mempersembahkan penetapan tujuan, mempersembahkan arahan pekerjaan, menginformasikan kebijakan dan mekanisme pada bawahan, menawarkan persoalan yang memerlukan perhatian dan mengemukakan umpan balik terhadap kinerja.
b. Ke atas : komunikasi yang mengalir ke suatu tingkat yang lebih tinggi dalam kelompok atau organisasi dipakai untuk mempersembahkan umpan balik kepada atasan, menginformasikan mereka terkena kemajuan ke arah tujuan dan meneruskan masalah-masalah yang ada.
Sedangkan dimensi lateral, komunikasi yang terjadi di antara kelompok kerja yang sama, diantara anggota kelompok-kelompok kerja pada tingkat yang sama, diantara manajer-manajer pada tingkat yang sama (Robbins, 2002 : 314-315).

LihatTutupKomentar