-->
Produk : Definisi, Klasifikasi, Dimensi Kualitas Dan Tingkatan Produk.
PENGERTIAN PRODUK
Produk berdasarkan Kotler dan Amstrong (1996:274) ialah : “A product as anything that can be offered to a market for attention, acquisition, use or consumption and that might satisfy a want or need”. Artinya produk ialah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapat perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang sanggup memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.
Menurut Stanton, (1996:222), “A product is asset of tangible and intangible attributes, including packaging, color, price quality and brand plus the services and reputation of the seller”. Artinya suatu produk ialah kumpulan dari atribut-atribut yang konkret maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna, harga, kualitas dan brand ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.
Menurut Tjiptono (1999:95) secara konseptual produk ialah pemahaman subyektif dari produsen atas “sesuatu” yang bisa ditawarkan sebagai perjuangan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli.

Lima Tingkatan Produk
Menurut Kotler (2003:408) ada lima tingkatan produk, yaitu core benefit, basic product, expected product, augmented product dan potential product. Penjelasan wacana kelima tingkatan produk ialah :
a. Core benefit (namely the mendasar service of benefit that costumer really buying) yaitu manfaat dasar dari suatu produk yag ditawarkan kepada konsumen.
b. Basic product (namely a basic version of the product) yaitu bentuk dasar dari suatu produk yang sanggup dirasakan oleh panca indra.
c. Expected product (namely a set of attributes and conditions that the buyers normally expect and agree to when they purchase this product) yaitu serangkaian atribut-atribut produk dan kondisi-kondisi yang diperlukan oleh pembeli pada ketika membeli suatu produk.
d. Augmented product (namely that one includes additional service and benefit that distinguish the company’s offer from competitor’s offer) yaitu sesuatu yang membedakan antara produk yang ditawarkan oleh tubuh perjuangan dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing.
e. Potential product (namely all of the argumentations and transformations that this product that ultimately undergo in the future) yaitu tiruana argumentasi dan perubahan bentuk yang dialami oleh suatu produk dimasa hadir.

Klasifikasi Produk
Banyak penjabaran suatu produk yang dikemukakan mahir pemamasukan, diantaranya pendapat yang dikemukakan oleh Kotler. Menurut Kotler (2002,p.451), produk sanggup diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, yaitu:
1. Berdasarkan wujudnya, produk sanggup diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitu :
a) Barang
Barang ialah produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya.
b) Jasa
Jasa ialah aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual (dikonsumsi pihak lain). Seperti halnya bengkel reparasi, salon kecantikan, hotel dan sebagainya. Kotler (2002, p.486) juga mendefinisikan jasa sebagai diberikut : “ Jasa ialah setiap tindakan atau kegiatan yang sanggup ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang intinya tidak berwujud dan tidak menjadikan kepemilikan apa pun. Produknya sanggup dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.
2. Berdasarkan aspek daya tahannya produk sanggup dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
a. Barang tidak tahan usang (nondurable goods)
Barang tidak tahan usang ialah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. melaluiataubersamaini kata lain, umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun. misalnya: sabun, pasta gigi, minuman kaleng dan sebagainya.
b. Barang tahan usang (durable goods)
Barang tahan usang ialah barang berwujud yang biasanya bisa bertahan usang dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal ialah satu tahun lebih). contohnya lemari es, mesin cuci, pakaian dan lain-lain.

3. Berdasarkan tujuan konsumsi yaitu

didasarkan pada siapa konsumennya dan untuk apa produk itu dikonsumsi, maka produk diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:

a) Barang konsumsi (consumer’s goods)
Barang konsumsi ialah suatu produk yang pribadi sanggup dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut.
b) Barang industri (industrial’s goods)
Barang industri ialah suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapat suatu manfaat tertentu. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali.
Menurut Kotler (2002, p.451), ”barang konsumen ialah barang yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen tamat sendiri (individu dan rumah tangga), bukan untuk tujuan bisnis”. Pada umumnya barang konsumen dibedakan menjadi empat jenis :
a) Convenience goods
Merupakan barang yang pada umumnya mempunyai frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan spesialuntuk memerlukan perjuangan yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. contohnya antara lain produk tembakau, sabun, surat kabar, dan sebagainya.
b) Shopping goods
Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara banyak sekali alternatif yang tersedia. contohnya alat-alat rumah tangga, pakaian, furniture, kendaraan beroda empat bekas dan lainnya.
c) Specialty goods
Barang-barang yang mempunyai karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melaksanakan perjuangan khusus untuk membelinya. Misalnya kendaraan beroda empat Lamborghini, pakaian rancangan orang terkenal, kamera Nikon dan sebagainya.
d) Unsought goods
Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. contohnya asuransi jiwa, ensiklopedia, tanah kuburan dan sebagainya.

Berbicara terkena produk maka aspek yang perlu diperhatikan ialah kualitas produk. Menurut American Society for Quality Control, kualitas ialah “the totality of features and characteristics of a product or service that bears on its ability to satisfy given needs”, artinya keseluruhan ciri dan karakter-karakter dari sebuah produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang tersirat. Definisi ini ialah pengertian kualitas yang berpusat pada konsumen sehingga sanggup dikatakan bahwa seorang penjual sudah mempersembahkan kualitas bila produk atau pelayanan penjual sudah memenuhi atau melebihi keinginan konsumen.
Kualitas produk ialah pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Oleh alasannya ialah itu perusahaan berusaha memseriuskan pada kualitas produk dan membandingkannya dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing. Akan tetapi, suatu produk dengan penampilan terbaik atau bahkan dengan tampilan lebih baik bukanlah ialah produk dengan kualitas tertinggi jikalau tampilannya bukanlah yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar.
Menurut Kotler and Armstrong (2004, p.283) arti dari kualitas produk ialah “the ability of a product to perform its functions, it includes the product’s overall durability, reliability, precision, ease of operation and repair, and other valued attributes” yang artinya kemampuan sebuah produk dalam memperagakan fungsinya, hal itu termasuk keseluruhan durabilitas, reliabilitas, ketepatan, kegampangan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk lainnya.

Dimensi Kualitas Produk
Menurut Mullins, Orville, Larreche, dan Boyd (2005, p.422) apabila perusahaan ingin mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam pasar, perusahaan harus mengerti aspek dimensi apa saja yang digunakan oleh konsumen untuk membedakan produk yang dijual perusahaan tersebut dengan produk pesaing. Dimensi kualitas produk tersebut terdiri dari :
1. Performance (kinerja), berafiliasi dengan karakteristik operasi dasar dari sebuah produk
2. Durability (daya tahan), yang berarti berapa usang atau umur produk yang bersangkutan bertahan sebelum produk tersebut harus diganti. Semakin besar frekuensi pemakaian konsumen terhadap produk maka semakin besar pula daya tahan produk.
3. Conformance to specifications (kesesuaian dengan spesifikasi), yaitu sejauh mana karakteristik operasi dasar dari sebuah produk memenuhi spesifikasi tertentu dari konsumen atau tidak ditemukannya cacat pada produk.
4. Features (fitur), ialah karakteristik produk yang dirancang untuk menyempurnakan fungsi produk atau menambah ketertarikan konsumen terhadap produk.
5. Reliabilty (reliabilitas), ialah probabilitas bahwa produk akan bekerja dengan memuaskan atau tidak dalam periode waktu tertentu. Semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan maka produk tersebut sanggup diandalkan.
6. Aesthetics (estetika), berafiliasi dengan bagaimana penampilan produk bisa dilihat dari tampak, rasa, bau, dan bentuk dari produk.
7. Perceived quality (kesan kualitas), sering dibilang ialah hasil dari penerapan pengukuran yang dilakukan secara tidak pribadi alasannya ialah terdapat kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau belum sempurnanya isu atas produk yang bersangkutan. Jadi, persepsi konsumen terhadap produk didapat dari harga, merek, periklanan, reputasi, dan
Negara asal.
Menurut Tjiptono (1997, p.25), dimensi kualitas produk mencakup :
1) Kinerja (performance)
Yaitu karakteristik operasi pokok dari produk inti (core product) yang dibeli, contohnya kecepatan, konsumsi materi bakar, jumlah penumpang yang sanggup diangkut, kegampangan dan kenyamanan dalam mengemudi dan sebagainya.
2) Keistimewaan tambahan (features)
Yaitu karakteristik sekunder atau pelengkap, contohnya kelengkapan interior dan eksterior menyerupai dash board, AC, sound system, door lock system, power steering, dan sebagainya.
3) Keandalan (reliability)
Yaitu kemungkinan kecil akan mengalami kerusakan atau gagal dipakai, contohnya kendaraan beroda empat tidak sering ngadat/macet/rewel/rusak.
4) Kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specifications)
Yaitu sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar-standar yang sudah diputuskan sebelumnya. Misalnya standar keamanan dan emisi terpenuhi, menyerupai ukuran as roda untuk truk tentunya harus lebih besar daripada kendaraan beroda empat sedan.
5) Daya tahan (durability)
Berkaitan dengan berapa usang produk tersebut sanggup terus digunakan. Dimensi ini mencakup beberapa aspek umur teknis maupun umur hemat penerapan mobil.
6) Estetika (asthethic)
Yaitu daya tarik produk terhadap panca indera. Misalnya bentuk fisik kendaraan beroda empat yang menarikdanunik, model atau desain yang artistik, warna, dan sebagainya.

LihatTutupKomentar