-->
Kegagalan Kebijakan Prosedur Pasar Dan Perdagangan Bebas
Kata administrasi mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) mguaggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan". Kata ini menerima imbas dari bahasa Perancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur.

Definisi administrasi adalah :Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur, Manajemen belum mempunyai definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan administrasi sebagai seni menuntaskan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. berdasarkan Ricky W. Griffin Definisi manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai samasukan (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan sanggup dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Fungsi administrasi yaitu elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan menempel di dalam proses administrasi yang akan dijadikan contoh oleh manajer dalam melaksanakan acara untuk mencapai tujuan. Fungsi administrasi pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis berjulukan Henry Fayol pada pertama kala ke-20. Ketika itu, ia sebut lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun ketika ini, kelima fungsi tersebut sudah diringkas menjadi tiga yaitu:

  1. Perencanaan (planning) yaitu memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk memilih tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi aneka macam planning alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah planning yang dipilih cocok dan sanggup dipakai untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan ialah proses terpenting dari tiruana fungsi administrasi alasannya yaitu tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak sanggup berjalan.
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu acara besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempergampang manajer dalam melaksanakan pengawasan dan memilih orang yang diharapkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang sudah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian sanggup dilakukan dengan cara memilih kiprah apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung tanggapan atas kiprah tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) yaitu suatu tindakan untuk mengusahakan semoga tiruana anggota kelompok berusaha untuk mencapai samasukan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha

Sejarah

Banyak kesusahan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Namun diketahui bahwa ilmu administrasi sudah ada semenjak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jikalau tidak ada seseorang—tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu—yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir insan serta materi bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Piramida di Mesir. Pembangunan piramida ini tak mungkin terealisasi tanpa adanya seseorang yang merencanakan, mengorganisasikan dan menggerakan para pekerja, dan mengontrol pembangunannya.

Praktik-praktik administrasi lainnya sanggup disaksikan selama tahun 1400-an di kota Venesia, Italia, yang ketika itu menjadi sentra perekonomian dan perdagangan di sana. Penduduk Venesia menyebarkan bentuk pertama perusahaan bisnis dan melaksanakan banyak acara yang lazim terjadi di organisasi modern ketika ini. Sebagai contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang susukan dan pada tiap-tiap perhentian, materi baku dan tali layar dimenambahkan ke kapal tersebut. Hal ini seolah-olah dengan model lini perakitan (assembly line) yang dikembangkan oleh Hanry Ford untuk merakit mobil-mobilnya. Selain lini perakitan tersebut, orang Venesia mempunyai sistem penyimpanan dan pergudangan untuk memantau isinya, administrasi sumber daya insan untuk mengelola angkatan kerja, dan sistem akuntansi untuk melacak pendapatan dan biaya.

Daniel Wren membagi evolusi fatwa administrasi dalam empat fase, yaitu fatwa pertama, era administrasi sains, era insan sosial, dan era moderen.Definisi manajemen

LihatTutupKomentar