-->
Efisiensi Pasar Valas (Valuta Asing) : Definisi Dan Jenis Efisiensi Pasar Valas (Valuta Asing)
Definisi Efisiensi Pasar
Tucker (1991:46) istilah efisiensi yang dipakai dalam pasar keuangan mencakup beberapa aspek efisiensi alokatif, efisiensi operasional, dan efisiensi penentuan harga. Efisiensi alokatif (allocational efficiency) yaitu alokasi sumber daya yang sudah berada dalam kondisi yang optimal, dan perubahan lanjut dari alokasi sumber daya tersebut tidak akan memperbaiki kesejahteraan pelaku ekonomi. Efisiensi operasional (operational effiency) menekankan bahwa efisiensi dicapai jikalau transaksi dilakukan dengan biaya transaksi yang minimum. Efisiensi penentuan harga (pricing efficiency) memperhatikan apakah harga suatu aset sama dengan nilai ekonomi instrinsiknya. Efisiensi isu (informational efficiency) yaitu efisiensi yang tergantung dari kecepatan isu untuk diproses dan akurasi isu untuk disampaikan.
Menurut Samuelson dan Nordhaus (1985) pasar yang efisien didefinisikan sebagai pasar dimana seluruh isu sanggup secara cepat dimengerti oleh seluruh penerima pasar dan tercermin dari pembentukan harga dipasar. Jika sebuah pasar efisien, harga dikala ini dari suatu aset akan merefleksikan tiruana isu yang tersedia sejalan dengan terbentuknya harga aset tersebut. Kuncoro (1996:98) suatu pasar dikatakan efisien apabila investor secara efektif memakai isu untuk memperoleh laba. Dalam peluang memperoleh laba, investor membandingkan harga aset nyata dengan harga ekulibriumnya yang dihitung dengan memakai isu yang secara umum tersedia. Bila harga aset nyata menyimpang dengan harga ekuilibriumnya, para investor dengan cepat memproses isu dan dan melaksanakan transaksi yang dianggapnya sesuai. Akibat adanya motif memperoleh laba, harga aset nyata menyesuaikan sedemikian rupa sehingga harga ekuilibrium tercapai.
Menurut Fama (1965) mendeskripsikan pasar yang efisien terdiri atas sejumlah pelaku yang rasional dan aktif selalu mengejar keuntungan terbaik, bersaing satu sama lain dalam memprediksi nilai pasar dari suatu surat berharga di masa menhadir, dan dimana isu dikala ini yang penting tersedia hampir secara bebas bagi tiruana pelaku pasar. melaluiataubersamaini kata lain jikalau harga aset tanda alokasi sumber daya, maka harga tersebut harus memproses dan mentransfer tiruana isu yang relevan terkena perkembangan pasar di masa menhadir bagi penyuplai dan peminta aset tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, pasar dikatakan efisien jikalau harga pasar betul-betul segera merefleksikan tiruana isu yang relevan. Secara teknis dikatakan bahwa dalam kondisi efisiensi, nilai cita-cita atas keuntungan berlebih sama dengan nol.
Menguji dalil ini yaitu sama dengan mengamati apakah investor secara efisien memasang keuntungan aktualnya ekuivalen dengan nilai ekuilibriumnya. Dalam uji empirik dibutuhkan memahami bagaimana cita-cita dibentuk. Suatu cita-cita rasional berarti tidak ada kesalahan yang sistematik dalam peramalan. Implikasinya perubahan harga harus random (acak) dalam arti perubahan tersebut tidak sanggup diprediksi menurut kenyataan masa lalu.
The Fei Ming (2001: 36-37) menyampaikan efisiensi pasar valas didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana harga yang diperdagangkan mencerminkan suatu keadaan dimana harga yang diperdagangkan mencerminkan keseluruhan isu yang relevan. Oleh alasannya yaitu harga kini sudah mencerminkan data isu dimasa lampau, maka perubahan harga tidak akan membentuk pola-pola tertentu tetapi mengikuti tumpuan random walk. Pola random walk yaitu perubahan nilai yang bersifat independent, dimana perubahan harga di masa kemudian tidak sanggup dipakai untuk memperkirakan perubahan harga di masa depan.

Jenis Efisiensi Pasar Valas
Fama (1965) menandakan bahwa ada tiga jenis efisiensi pasar secara umum :

a. Bentuk Lemah (Weakly Efficient Market)
Bentuk Lemah (Weakly Efficient Market) dimana harga dikala ini sudah memasukkan tiruana isu perdagangan dan harga di masa lalu. Artinya kurs spot dikala ini ialah alat prediksi terbaik bagi kurs spot di masa menhadir.
b. Bentuk semi besar lengan berkuasa (semi-Strong Efficient Market)
Bentuk semi besar lengan berkuasa (semi-Strong Efficient Market) dimana isu yang tercermin dalam kurs valas spot lebih dari sekedar sejarah kurs, namun juga mencerminkan tiruana isu yang tersedia secara umum
c. Bentuk besar lengan berkuasa (Strongly Efficient Market)
Bentuk besar lengan berkuasa (Strongly Efficient Market) dimana harga mencerminkan tiruana isu yang kemungkinan tiruana sanggup diketahui. Oleh alasannya yaitu itu, bagi analis investasi dan insiders lain mungkin saja memperoleh keuntungan rata-rata secara konsisten. Kendati demikian, bentuk besar lengan berkuasa dari hipotesis efisiensi pasar mustahil dipertahankan alasannya yaitu intervensi dari bank sentral dalam pasar valas.

LihatTutupKomentar