-->
Makalah Teknologi Gosip Dan Komunikasi (File 2)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT selawat dan salam keharibaan Rasulullah S.A.W  karena atas Rahmat dan karunia-Nya, sanggup diselesaikan makalah yang berjudul “ Islam dan Pendidikan Dayah” di Kabupaten Aceh Timur. Diketahui jauh sebelum Indonesia merdeka pendidikan bangsa yang muncul ketika itu ialah pendidikan dayah, tidak terkecuali Aceh Timur. Semua anak bangsa pada umumnya mereka berpendidikan dayah. Sesudah Indonesia merdeka gres bermunculan aneka macam lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Saya juga menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh alasannya ialah itu saya sangat membutuhkan Koreksi dan masukan yang sifatnya membangun dan pada pada dasarnya untuk memperbaiki belum sempurnanya-belum sempurnanya biar dimasa yang akan hadir lebih baik lagi.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Istilah teknologi isu mulai terkenal di simpulan tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi isu biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing).
Teknologi isu didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data memakai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Teknologi Informasi dan Komunikasi ialah elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi isu pada acara insan pada ketika ini memang begitu besar. Teknologi isu sudah menjadi akomodasi utama bagi kegiatan aneka macam sektor kehidupan dimana mempersembahkan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang fundamental pada struktur operasi dan administrasi organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh alasannya ialah itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya insan (SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK para pimpinan di forum pemerintahan, pendidikan, perusahaan, UKM (usaha kecil menengah) dan LSM. Sehingga pada kesannya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaa baik bagi
manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi tiruana sektor kehidupan.

A.    Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang yang telas dijelaskan, maka sanggup dibentuk perumusan duduk kasus sebagai diberikut:
a.    Bagaimana Perubahan teknologi isu dan komunikasi ketika ini?
b.    Apa Penyebab Terjadinya Perubahan teknologi tersebut?
c.    Bagaimana Upaya Untuk Mengatasi Tantangan Zaman Era Globalisasi?

B.     Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk sanggup mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada zaman teknologi sampaumur ini di Kabupaten Aceh Timur serta sebagai persyaratan untuk mengikuti Fit and Proper Test Kabupaten Aceh Timur.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut insan untuk melaksanakan aneka macam aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak pribadi mengharuskan insan untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
B.     Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan.
Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku perjuangan merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menimbulkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP ialah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup beberapa aspek sistem manajemen dalam perusahaan, cara usang kebanyakan
C.    Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce ialah perdagangan menggunakan jaenteng komunikasi internet.
D.    Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi ialah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang sanggup dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan isu rekening.
E.     Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet ialah alat komunikasi yang
murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses berguru mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga sanggup diperoleh hasil yang lebih baik.
F.     Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) sanggup dipakai juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang hadir ke rumah sakit alasannya ialah dalam kartu tersebut para juru medis sanggup mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk memmenolong proses operasi pembedahan serta penerapan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk mengatakan letak tumor dalam badan pasien.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut insan untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya ialah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang sanggup dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diperlukan membuka penemuan gres bagikita untuk membuat sesuatu yang gres untuk kemajuan peradaban manusia. Namun tiruana penemuan tersebut hendaknya harus dibatasi oleh aturan aturan negara dan budaya bangsa Indonesia.
B.     Saran
Semoga makalah ini sanggup menggerakkan masyarakat Aceh Timur untuk lebih berkarya dan diberinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga bisa meningkatkan image bangsa di mata di dunia.

DAFTAR PUSTAKA
Cakra, Sinar Mandiri, Halaman 21, Ade Yustina,S.Pd
Pikiran Rakyat, “Tingkatkan Produktivitas SDM Melalui Peranan TIK”, 12 Mei 2005
 Selengkapnya Klik : DOWNLOAD

LihatTutupKomentar