-->
Aspek Aksiologi Ilmu Administrasi - Filsafat Ilmu Manajemen
A. PENDAHULUAN
Filsafat yaitu ilmu pengetahuan yang komprehensif yang berusaha memahami masalah – masalah yang timbul di dalam keseluruhan ruang lingkup pengalaman manusia. melaluiataubersamaini demikian filsafat dibutuhkan insan dalam upaya menjawaban pertanyaan yang timbul dalam banyak sekali lapangan kehidupan manusia, termasuk masalah kehidupan dalam bidang ilmu manajemen. Jawaban hasil pemikiran filsafat bersifat sistematis, integral, menyeluruh dan mendasar. Filsafat dalam mencari jawabanan dilakukan dengan cara ilmiah, adil, mempersembahkan pertanggungjawabanan dengan berdasarkan pada daypikir manusia, demikian halnya untuk menjawaban persoalan-persoalan insan dalam bidang ilmu administrasi (Jalaludin dan Idi, 2007: 125).
Menurut Atmaja, Nengah Bawa dan Atmaja, Anantawikrama (2014: 139), kita sanggup melihat Gambar 1.1 yang akan menandakan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi yang melandasi kebenaran ilmu dan pengembangannya secara umum.

Gambar 1.1 Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi yang Melandasi Kebenaran Ilmu dan Pengembangannya.


Sumber:Diadaptasi dari Mustansyir dan Munir (2006) serta Suriasumatri (2001) dalam Atmadja, Nengah Bawa dan Atmadja, Anantawikrama Tungga (2014)

Pada Gambar 1.1, menandakan bahwa eratnya kekerabatan antara ontologi, epistemologi dan aksiologi dalam melandasi kebenaran dan pengembangan ilmu, sanggup dicermati dari Suriasumantri dalam Atmadja, Nengah Bawa dan Atmadja, Anantawikrama Tungga (2014: 139), bahwa setiap jenis ilmu pengetahuan mempunyai tiga ciri tersebut dan ketiganya saling berkaitan, sehingga dengan cara ini dimungkinkan untuk mendapat pemahaman yang utuh wacana hakikat ilmu pengetahuan secara, tidak saja filosofis dan akademik, tetapi juga praktisnya. Dan serius pembahasan kita akan masuk pada dimensi Aksiologi dalam Ilmu Manajemen.

B. DEFINISI AKSIOLOGI MANAJEMEN
Menurut Noor (2013:83), secara etimologi aksiologi berasal dari perkataan axios (Yunani) yang berarti nilai dan logos yang berarti teori. Jadi, aksiologi yaitu teori wacana nilai. Menurut Jujun, aksiologi diartikan sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Nilai yang dimaksud yaitu sesuatu yang dimiliki insan untuk melaksanakan banyak sekali pertimbangan wacana apa yang dinilai. Teori wacana nilai yang dalam filsafat mengacu pada permasalahan etika dan estetika.
Menurut Muhammad Noor Syam (1986) dalam Jalaludin (2007: 84) bahwa aksiologi yaitu bidang yang menyidik nilai – nilai (value). Nilai dan implikasi aksiologi di dalam ilmu administrasi ialah pendidikan yang menguji dan mengintegrasikan tiruana nilai (nilai tindakan moral, nilai lisan keindahan dan nilai kehidupan sosio – politik) di dalam kehidupan manusia. Pertanyaan yang berkaitan dengan aksiologi yaitu apakah yang baik?
Menurut Kattsoff (1987) dalam Torang (2014:105) bahwa aksiologi yaitu ilmu pengetahuan yang mengkaji hakikat nilai. Aksiologi juga sebagai penuntun dalam menerapkan atau memanfaatkan ilmu.
Adapun Bramel dalam Noor (2013:83), membagi aksiologi dalam tiga bagian. Pertama, moral conduct, yaitu tindakan moral, bidang ini melahirkan disiplin khusus yakni etika. Kedua, esthetic expression, yaitu lisan keindahan. Bidang ini melahirkan keindahan. Ketiga, sosio political life, yaitu kehidupan sosial politik, yang akan melahirkan filsafat sosial politik.
Permasalahan aksiologi dalam ilmu administrasi (Noor , 2013:83), adalah:
1. Sifat nilai atau paras nilai didukung oleh pengertian wacana pemenuhan hasrat, kesenangan, kepuasan, minat, kemauan rasional yang murni, serta persepsi mental yang erat sebagai pertalian antara sesuatu sebagai masukana untuk menuju ke titik selesai atau menuju kepada tercapainya hasil yang sebenarnya. Di dalam mengkaji administrasi berkecimpung tentunya dilandasi dengan hasrat untuk mendapat kepuasan.
2. Perihal tipe nilai didapat informasi bahwa ada nilai intrinsik dan ada nilai instrumental. Nilai intrinsik ialah nilai konsumatoris atau yang menempel pada diri sesuatu sebagai bobot martabat diri (prized for their own sake). Yang tergolong ke dalam nilai intrinsik yaitu kebaikan dari segi moral, kecantikan, keindahan, dan kemurnian. Sedangkan nilai instrumental yaitu nilai yaitu nilai penunjang yang mengakibatkan sesuatu mempunyai nilai intrinsik.
3. Penerapan tipe nilai bagi administrasi diarahkan sebagai profesi. Banyak perjuangan yang sudah dilakukan untuk mengklasifikasikan administrasi sebagai profesi. Kriteria untuk memilih sesuatu sebagai profesi yaitu sebagai diberikut:
a. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum.
b. Para profesional mendapat status mereka lantaran mencapai standar prestasi kerja tertentu, bukan lantaran kesukaanism atau lantaran suku bangsa atau agama.
c. Para profesional harus ditentukan oleh suatu arahan etik yang kuat, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya.
Dapat disimpulkan bahwa aksiologi itu permasalahaannya terkena nilai. Nilai yang dimaksud yaitu sesuatu yang dimiliki insan untuk melaksanakan banyak sekali pertimbangan wacana apa yang dinilai. Teori wacana nilai dalam filsafat mengacu kepada permasalahan etika dan estetika. Oleh lantaran itu, nilai ilmu administrasi tidak spesialuntuk bersifat intrinsik sebagai seni, melainkan juga nilai ekstrinsik sebagai ilmu untuk menelaah dasar-dasar kemungkinan bertindak dalam praktik melalui kontrol terhadap efek yang negatif dan meningkatkan efek yang positif dalam manajemen.

C. AKSIOLOGI DALAM MORAL CONDUCT MANAJEMEN
Moral conduct, yaitu tindakan moral. Bidang ini melahirkan disiplin khusus yakni etika. Kajian etika lebih serius pada prilaku, norma dan akhlak istiadat manusia. Tujuan dari etika yaitu biar insan mengetahui dan bisa mempertanggungjawabankan apa yang ia lakukan. Didalam etika, nilai kebaikan dari tingkah laris insan menjadi sentral persoalan. Maksudnya yaitu tingkah laris yang penuh dengan tanggung jawaban, baik tanggung balasan terhadap diri sendiri, masyarakat, alam maupun terhadap Tuhan sebagai sang pencipta.
Selanjutnya, Suriasumantri menyampaikan bahwa kekuasaan ilmu yang besar ini mengharuskan seorang ilmuwan mempunyai landasan moral yang kuat. Untuk merumuskan aksiologi dari ilmu, Jujun S Sumantri merumuskannya kedalam 4 tahapan yaitu:
1. Untuk apa ilmu tersebut digunakan?
2. Bagaimana kaitan antara cara penerapan tersebut dengan kaidah-kaidah moral?
3. Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral?
4. Bagaimana kaitan antara metode procedural yang ialah operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral / professional.
Dari apa yang dirumuskan diatas sanggup dikatakan bahwa apapun jenis ilmu yang ada, ketiruananya harus diubahsuaikan dengan nilai-nilai moral yang ada di masyarakat, sehingga nilai kegunaan ilmu tersebut sanggup dirasakan oleh masyarakat dalam usaspesialuntuk meningkatkan kesejahteraan bersama, bukan sebaliknya malahan menjadikan bencana. Bagi seorang ilmuwan, nilai dan norma moral yang dimilikinya akan menjadi penentu apakah ia sudah menjadi ilmuwan yang baik atau belum.
Terkait dengan nilai etika atau moral, bergotong-royong ilmu sudah terkait dengan masalah-masalah moral, namun dalam perspektif yang tidak sama. Nilai menyangkut sikap insan untuk menyatakan baik atau jelek, benar atau salah, diterima atau ditolak. melaluiataubersamaini demikian insan mempersembahkan konfirmasi terkena sejauh mana manfaat dari obyek yang dinilainya. Demikian juga terhadap ilmu.
Ilmu dan moral mempunyai keterkaitan yang kuat. Ilmu bisa jadi malapetaka kemanusiaan bila seseorang yang memanfaatkannya “tidak bermoral” atau tidak mengindahkan nilai – nilai moral yang ada. Namun sebaliknya, ilmu akan menjadi rahmat bagi kehidupan insan bila dimanfaatkan secara benar dan tepat,tentunya tetap mengindahkan aspek moral. Berbicara moral sama artinya berbicara masalah etika atau susila, mempelajari kaidah – kaidah yang membimbing tingkah laris insan sehingga baik. Karena secara umum moral diukur dari sikap insan sebagai pelakunya, sanggup timbul pula perbedaan penafsiran.

D. AKSIOLOGI DALAM ESTHETIC EXPRESSION MANAJEMEN
Pengertian Estetika
Estetika berasal dari dari kata Yunani Aesthesis yang berarti pengamatan. Semiawan (2005:159), menandakan estetika sebagai the study of nature of beauty in the fine art, yang mempelajari wacana hakikat keindahan di dalam seni. Estetika ialah cabang filsafat yang mengkaji wacana hakikat indah dan buruk. Estetika memmenolong mengarahkan dalam membentuk suatu persepsi yang baik dari suatu pengalaman ilmiah biar ia sanggup dengan mudah dipahami oleh khalayak luas. Estetika juga berkaitan dengan kualitas dan pembentukan mode – mode yang estetis dari suatu pengalaman ilmiah (Susanto 2011:119).
Estetika sanggup dibedakan menjadi estetika deskriptif dan estetika normatif. Estetika deskriptif menggambarkan tanda-tanda – tanda-tanda pengalaman keindahan, sedangkan estetika normatif mencari dasar pengalaman itu. Misalnya, ditanyakan apakah keindahan itu hasilnya sesuatu yang adil (terletak dalam lukisan) atau justru subjektif (terletak dalam mata insan sendiri).
Perbedaan lain dari estetika yaitu estetis filsafat dan estetis ilmiah. Perbedaan itu terlihat dari berlainannya samasukan yang dikemukakan. Estetis filsafati yaitu estetis yang menelaah samasukannya secara filsafat dan sering disebut estetis tradisional. Estetis filsafat ada yang menyebut sebagai estetis analitis, lantaran tugasnya spesialuntuklah mengurai. Sedangkan estetis ilmiah yaitu estetis yang menelaah estetis dengan metode-metode ilmiah, yang tidak lagi ialah cabang filsafat (The Liang Gie dalam Surajiyo 2014:101).
Pengertian Keindahan
Keindahan berdasarkan etimologi berasal dari kata Latin Bellum yang berarti kebaikan. Menurut cakupannya,keindahan sanggup dibedakan sebagai suatu kualitas ajaib (beauty) dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah (the beautiful).
Kalau estetika dirumuskan cabang filsafat yang bekerjasama dengan teori keindahan, maka definisi keindahan memdiberitahu orang untuk mengenali apa keindahaan itu, sedangkan teori keindahan menandakan bagaimana keindahan itu. Persoalan pokok dari teori keindahan yaitu terkena sifat dasar keindahan dari apakah keindahan ialah sesuatu yang ada pada benda yang indah atau spesialuntuk terdapat dalam alam pikiran orang yang mengamati benda tersebut?
Apa sesungguhnya keindahan itu? Keindahan intinya yaitu sejumlah kualitas pokok tertentu yang terdapat pada sesuatu. Kualitas yang paling sering disebut yaitu kesatuan (unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance), perlawanan (contrast)( The Liang Gie dalam Surajiyo 2014:103).
Pengertian lain dari keindahan menyerupai yang digambarkan oleh Herbert Read, Thomas Aquinas, dan Kaum Sofis di Athena. Herbert Read mempersembahkan pengertian keindahan, yakni kesatuan beberapa kekerabatan bentuk yang diterima oleh indrawi. Thomas Aquinas menyatakan keindahan sama dengan suatu yang sangat bahagia. Adapun Kaum Sofis di Athena mempersembahkan citra keindahan sebagai sesuatu yang sangat senang terhadap penglihatan atau pendengaran. Dalam estetis modern, orang lebih banyak berbicara wacana seni dan pengalaman estetis lantaran ini tanda-tanda konkret yang sanggup ditelaah dengan pengamatan secara empiris dan penguraian yang sistematis.
Beberapa teori terkena keindahan yaitu sebagai diberikut:
1. Teori Subjektif dan Objektif
a. Teori Objektif, beropini bahwa ciri – ciri yang membuat nilai estetis yaitu sifat (kualitas) yang sudah menempel pada benda indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya. Pengamatan seseorang spesialuntuklah menemukan atau menyingkapkan sifat – sifat indah yang sudah ada pada suatu benda dan sama sekali tidak kuat untuk mengubahnya. Persoalannya yaitu ciri – ciri khusus manakah yang membuat sesuatu benda menjadi indah atau dianggap bernilai estetis. Salah satu jawabanannya yaitu perimbangan antar pecahan – pecahan dalam benda yang dianggap indah tersebut.
b. Teori Subjektif, menyatakan bahwa ciri – ciri yang membuat keindahan pada sesuatu benda sesungguhnya tidak ada, yang ada spesialuntuklah tanggapan perasaan dalam diri seseorang yang mengamati suatu benda. Adanya keindahan semata – mata tergantung pada pencerahan dari si pengamat tersebut. Kalaupun ditetapkan bahwa sesuatu benda mempunyai nilai estetis, hal ini sanggup diartikan bahwa seseorang pengamat memperoleh pengalaman estetis sebagi tanggapan terhadap benda itu.
c. Teori campuran, menyatakan keindahan terletak dalam suatu kekerabatan diantara suatu benda dengan alam pikiran seseorang yang mengamatinya, contohnya berupa menyukai atau menikmati benda itu. Jadi, suatu benda mempunyai ciri tertentu dan ciri itu dengan melalui pencerahan muncul dalam kesadaran seseorang sehingga menjadikan rasa menyukai atau menikmati benda itu (The Liang Gie, dalam Surajiyo 2014:104).
2. Teori Perimbangan
Teori perimbangan wacana keindahan oleh Wladylaw Tatarkiewicz disebut teori agung wacana keindahan (the great theory of beauty). Teori agung wacana keindahan menandakan bahwa, keindahan terdiri atas perimbangan dari pecahan – bagian, atau lebih tepat lagi terdiri atas ukuran, persamaan dan jumlah dari pecahan – pecahan serta hubungannya satu sama lain. misalnya, arsitektur Yunani, dimana keindahan dari sebuah atap tercipta dari ukuran , jumlah dan susunan dari pilar – pilar yang menyangga atap tersebut. Pilar – pilar itu mempunyai perimbangan tertentu yang tepat dalam banyak sekali dimensinya (The Liang Gie, dalam Surajiyo 2014:105 ).
3. Teori Bentuk Estetis
Menurut Mondroe Beardesley, menandakan adanya tiga ciri yang menjadi sifat-sifat ‘menciptakan baik (indah)’ dari benda-benda estetis pada umumnya. Ketiga ciri itu yaitu:
a. Kesatuan (unity)
Berarti benda estetis itu tersusun secara baik atau tepat bentuknya.
b. Kerumitan (complexity)
Benda estetis atau karya seni mempunyai isi dan unsur yang saling berlawanan serta mengandung perbedaan – perbedaan yang halus.
c. Kesungguhan (intensity)
Benda estetis yang baik harus mempunyai kualitas tertentu yang menonjol bukan sekedar sesuatu yang kosong. Kualitas itu tidak menjadi masalah apa yang dikandungnya (misalnya suasana suram atau bangga , sifat lembut atau kasar), asalkan menjadi sesuatu yang intensif atau sungguh – sungguh (The Liang gie, Surajiyo 2014:106).

Penerapan Konsep Estetika Dalam Manajemen
Dalam filsafat manajemen, terkandung dasar pandangan hidup yang mencerminkan keberadaan, identitas dan implikasinya guna mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan manajemen. Untuk merealisasikan tujuan diharapkan beberapa faktor penunjang sehingga ialah kombinasi yang terpadu, baik menyangkut individu maupun kepentingan umum. Hal ini dimaksudkan adanya keseimbangan diantara faktor – faktor yang diharapkan dalam mencapai suatu kekuatan untuk mengejar suatu hasil yang maksimum.
Mary Parker Follet mengemukakan bahwa administrasi ialah suatu bentuk seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan lewat orang lain. Definisi dari Mary Parker Follet ini mengandung perhatian pada sebuah kenyataan bahwa para manajer sanggup mencapai tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain biar sanggup melaksanakan apa saja yang diharapkan dalam suatu pekerjaan, tidak dengan cara melaksanakan pekerjaan tersebut seorang diri. Makara estetika atau seni diterapkan dalam proses penerapan fungsi – fungsi administrasi dalam perusahaan (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling). Terutama di Bali sebagai kawasan pariwisata yang terkenal, tentunya aspek estetika menjadi sangat penting. contohnya pengerjaan sebuah proyek perusahaan.


Penerapan fungsi – fungsi administrasi tersebut antara lain:
a. Dipertamai dengan tahap Planning (perencanaan), dikala para arsitek merencanakan membuat bangunan perkantoran bertingkat niscaya dikaitkan dengan aspek – aspek peruntukannya apa, bagaimana situasi lingkungan, apakah mengganggu keindahan atau malah merusak lingkungan. Yang niscaya estetika suatu rancang bangun seharusnya didasarkan pada seni administrasi bisnis perusahaan dan pertimbangan lingkungan.
b. Tahap Organizing (mengorganisasi), pada tahap ini ada komunikasi antara pemimpin dan manajer dengan para sub-ordinasinya. Ketika terjadi interaksi maka selayaknya kalau manajer memperlakukan sub-ordinasinya dengan cara –cara yang manusiawi. Misalnya pemimpin menyapa karyawan dengan akrab, sehingga akan tercipta suasana kerja yang serasi dan indah. Pemimpin juga mau mendengar dan merespon positif pendapat sub-ordinasinya.
c. Tahap Actuating (pelaksanaan), dikala perusahaan ingin menggapai keunggulan kompetitif maka salah satu unsur yang ingin dicapai yaitu pengembangan loyalitas konsumen. Untuk itu perusahaan harus bisa mempersembahkan produk yang berkarakter dan layanan yang terbaik kepada konsumen. Secara pengembangan nilai kemudian dibangun suatu jembatan emosional antara perusahaan dengan konsumen. Bentuknya yaitu tanggung balasan mutu dengan dengan estetika tinggi, pelayanan ramah dan tepat waktu dan konsumen diperlakukan dengan cara kondusif dan nyaman secara berkelanjutan. Pada gilirannya konsumen akan loyal untuk kembali membeli produk perusahaan tersebut.
d. Tahap Controlling (pengawasan), dimana pengawasan ialah tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu acara demi tercapainya tujuan yang sudah diputuskan. melaluiataubersamaini demikian, tujuan pengawasan yaitu memperbaiki kesalahan, penyimpangan, penyelewengan dan acara lainnya yang tidak sesuai dengan rencana. Misalnya apabila ada bawahan yang melaksanakan kesalahan, pimpinan menegur dengan cara yang baik, tidak emosional dan manusiawi. Sehingga bawahan tidak merasa ketakutan atau tertekan dan selanjutnya sanggup memperbaiki kesalahannya.
E. AKSIOLOGI DALAM SOCIO POLITICAL LIFE
Sosial, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti sesuatu ilmu yang berkenaan dengan masyarakat atau terkena masyarakat. Sedangkan politik ialah pengetahuan terkena ketatguagaraan menyerupai sistem pemerintahan dan dasar pemerintahan. Dalam politik selalu menyangkut tujuan – tujuan dari seluruh masyarakat bukan tujuan seorang pribadi. Karena itu aspek aksiologis dalam kehidupan sosial politik yaitu kaidah – kaidah nilai yang harus diperhatikan dalam menerapkan ilmu sosial dan politik ke dalam praktis. Di alam ilmu yang berkembang langkah demi selangkah, pertukaran informasi antar insan selalu ialah permainan wacana toleransi (Susanto, 2016: 118). Ini berlaku dalam ilmu eksakta maupun bahasa, ilmu sosial, religi, ataupun politik, bahkan juga setiap bentuk pikiran yang akan menjadi dogma.
Jujun Suriasumantri dalam Syamsir Torang (2014) sebut bahwa ilmu harus digunakan, dimanfaatkan dan diterapkan untuk kemaslahatan manusia. Ilmu juga sanggup dimanfaatkan sebagai masukana atau alat dalam meningkatkan taraf hidup insan dengan mempertimbangkan kodrat dan martabat insan serta kelestarian atau keseimbangan alam. Untuk kepentingan insan tersebut maka pengetahuan ilmiah yang diperoleh dan disusun, diharapkan sanggup digunakan atau diterapkan secara komunal dan universal. Komunal berarti milik bersama dan universal berarti tidak mempunyai konotasi panokial menyerupai ras, ideologi, atau agama.

Prinsip Politik sebagai Prinsip Penerapan Ilmu
Otoritas dan obyektifitas ilmiah tak sanggup dicampuri oleh otoritas dan kepentingan politik apapun, dan ilmu bukan untuk kekuasaan. Ilmu dan politik saling menunjang. Ilmu ialah asas, sedangkan otoritas politik sebagai penjaga. Sesuatu yang tanpa asas niscaya akan roboh, dan sesuatu yang tanpa penjaga niscaya akan musnah. melaluiataubersamaini demikian, otoritas politik ialah alat untuk melindungi, mengembangkan, dan merealisasikan ilmu. (Syamsir Torang, 2014: 109). misal aksiologis dalam Socio Political Life antara lain:
1. Sikap dan Tanggung Jawab Ilmuwan (Latiff Mukhtar, 2014)
Ilmu ialah hasil karya seorang ilmuwan yang apabila memenuhi syarat – syarat keilmuan akan menjadi ilmu pengetahuan dan digunakan oleh masyarakat luas. Maka ilmuwan mempunyai tanggung balasan yang besar bukan spesialuntuk lantaran ia masyarakat masyarakat, melainkan lantaran bertanggung balasan atas hasil penelitiannya biar disalahgunakan masyarakat.Selain itu pula masyarakat seringkali mendapat banyak sekali masalah yang belum diketahui pemecahannya. Maka ilmuwan sebagai seorang yang terpandang dengan analisisnya diharapkan bisa mendapat pemecahan atas permasalahan tesebut. Ilmuwan mempunyai kewajiban sosial untuk memberikan kepada masyarakat, mempersembahkan perspektif yang benar, untung – rugi, baik dan buruknya sehingga penyelesaian yang obyektif sanggup dimungkinkan. Kelebihan seorang ilmuwan dalam berpikir secara teratur dan cermat mengakibatkan mereka mempunyai tanggung balasan sosial.
Tugas seorang ilmuwan harus sanggup menandakan hasil penelitiannya sejernih mungkin atas dasar rasionalitas dan metodologis yang tepat. Mereka tidak akan membiarkan hasil penelitian maupun temuannya digunakan untuk menindas bangsa lain meskipun digunakan olah bangsanya sendiri. Sejarah sudah mencatat para ilmuwan sudah bangun dan bersikap terhadap politik dan pemerintah yang berkuasa yang berdasarkan mereka sudah melanggar asas kemanusiaan. Pengetahuan ialah kekuasaan yang sanggup disalahgunakan sehingga ilmuwan berperan penting dalam menjaga kegunaannya dalam lingkungan sosial dan politik.Penerapan ilmu pengetahuan yang sudah dihasilkan oleh para ilmuwan, entah itu berupa teknologi ataupun teori emansipasi dan sebagainya mesti memperhatikan nilai – nilai kemanusiaan, nilai agama, nilai adat, dan sebagainya.
Sebagai contoh: Peran akademisi dalam menanggapi isu lingkungan maupun sosial budaya di masyarakat
Senat Universitas Udayana menetapkan bahwa planning Reklamasi Teluk Benoa tidak layak untuk diteruskan. Hal tersebut sehabis dilakukan pengkajian kembali oleh tim review unud sehabis melihat hasil kajian para peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Unud). Menurut Prof. Suastika selaku Rektor Unud, proyek diputuskan tidak layak sehabis dikaji dari aspek lingkungan, teknis, sosial budaya, dan ekonomi finansial. (www.antarabali.com). Begitu juga tindakan Institut Teknologi Sepuluh November yang menolak penawaran penyelenggara proyek untuk melaksanakan kajian atas proyek tersebut.
2. Seorang Teknokrat
Secara definitif, teknokrat ialah tokoh yang mempunyai kemampuan teknis berdasarkan disiplin ilmu tertentu yang dikuasainya dan sekaligus terlibatdalam acara berkuasa dan memerintah. Beberapa tokoh yang dipandang sebagai teknokrat Indonesia antara lain: Boediono, Dahlan Iskan, Sri Mulyani, dan Anies Baswedan (www.jpnn.com).Terdapat fungsi ganda pada kalangan teknokrat yakni:
i) Selaku teoritisi, ia menganggap bahwa fungsi ilmu pengetahuan yaitu membentuk aturan umum dari kejadian empiris atau objek yang menyebarkan pengetahuan dimana sanggup menandakan apa hakikat kejadian yang diamatinya dan membuat prediksi untuk masa depan.
ii) Selaku praktisi, teknokrat memandang ilmu pengetahuan sebagai suatu disiplin acara berpikir dan bertindak menganalisis fakta dengan tujuan menunjukkan solusi sejauh yang diperlukan.
3. Pancasila sebagai dasar berpolitik
Terdapat banyak sekali macam pandangan politik dalam kehidupan bermasyarakat. Politik fiskal, politik internasional, politik nasional, politik lokal dan lain-lain. Seluruhnya ialah pengetahuan wacana ketatguagaraan maupun urusan pemerintahan yang berkaitan dengan banyak orang pada tiap bidang tersebut. Karenanya penting untuk memahami nilai yang dijadikan pedoman dalam berperilaku politik.
Politik berperan strategis menghasilkan produk – produk aturan yang menyangkut masyarakat banyak. Erika dan Dewa (2014) menyatakan bahwa pembangunan abjad produk aturan yang sarat akan nilai – nilai kepribadian bangsa yang berlandaskan Pancasila ialah salah satu karakteristik yang sanggup ditonjolkan sebagai identitas langsung yang mandiri, dengan keyakinan terhadap Sang Pencipta, menghargai nilai – nilai kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dengan asas musyawarah mufakat, serta nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Makara mekanisme aturan harus mencakup beberapa aspek pembangunan aturan dalam wujud pembaharuan peraturan perundang - undangan, pelatihan aparatur Negara, dan masyarakat serta aturan secara struktural, budaya, dan substansi maupun jaminan penghormatan dan penghargaan terhadap HAM bagi setiap masyarakat Negara yang dituangkan dalam bentuk konstitusi.

F. AKSIOLOGI MANAJEMEN TENTANG PERTIMBANGAN NILAI DAN MENJADI AKSI TERHADAP FUNGSI MANAJEMEN
Menurut Susanto (2011) dalam buku Filsafat Ilmu, Latif M (2014:231) menyampaikan ada dua kategori dasar aksiologi: Pertama, objectivism, yaitu penilaian terhadap sesuatu yang dilakukan apa adanya sesuai keadaan objek yang dinilai. Kedua, subjectivism, yaitu penilaian terhadap sesuatu di mana dalam proses penilaian terhadap unsur intuisi (perasaan). Dari sini muncul empat pendekatan etika yaitu teori nilai intuitif, teori nilai rasional, teori nilai ilmiah, dan teori nilai emotif. Dimana teori nilai intuitif dan tori nilai rasional beraliran pendekatan objectivitas, sedangkan teori nilai alamiah dan teori nilai emotif beraliran pendekatan subjektivitas(Latif M, 2014: 231).
a. Teori Nilai Intuitif (The Intuitif Theory of Value)
Menurut teori ini, sangat sukar bila tidak bisa dikatakan tidak mungkin untuk mendefinisikan suatu perangkat nilai yang absolut. Bagaimana pun juga suatu perangkat nilai yang diktatorial itu eksis dalam tatanan yang bersifat adil. Nilai ditemukan melalui intuisi lantaran ada tatanan moral yang bersifat baku. Mereka menegaskan bahwa nilai yang eksis sebagai piranti objek atau menyatu dalam kekerabatan antar objek, dan validitas dari nilai tidak bergantung pada eksistensi sikap manusia. Sesudah seseorang menemukan dan mengakui nilai intuitif melalui proses intuitif, ia berkewajiban untuk mengatur sikap individual atau sosialnya selaras dengan preskripsi moralnya.
b. Teori Nilai Rasional (The Rational Theory of Value)
Menurut teori ini, tidakbolehlah percaya pada nilai yang bersifat adil dan murni independen dari manusia, dimana nilai ini ditemukan dari hasil penalaran manusia. Fakta bahwa seseorang melaksanakan sesuatu yang benar dikala ia tahu dengan nalarnya bahwa itu benar sebagai fakta bahwa spesialuntuk orang jahat atau yang lalai yang melaksanakan sesuatu berlawanan dengan kehendak atau wahyu Tuhan. Jadi, dengan logika atau kiprah Tuhan nilai adil diktatorial yang seharusnya mengarahkan perilaku.
c. Teori Nilai Alamiah (The Naturakistic Theory of Value)
Menurut teori ini, nilai diciptakan insan bersama dengan kebutuhan dan hasrat yang dialaminya . Nilai yaitu produk biososial, artefak insan yang diciptakan, dipakai, diuji, oleh individu dan masyarakat untuk melayani tujuan membimbing sikap manusia.Pendekatan naturalis mencakup beberapa aspek teori nilai instrumental di mana keputusan nilai tidak diktatorial tetapi bersidat relatif. Nilai secara umum hakikatnya bersifat subjektif, bergantung pada kondisi manusia.
d. Teori Nilai Emotif (The Emotive Theory of Value)
Jika tiga anutan sebelumnya memilih konsep nilai dengan status kognitifnya, maka teori ini memandang bahwa konsep moral dan etika bukanlah keputusan faktual melainkan spesialuntuk ialah lisan emosi dan tingkah laku. Nilai tidak lebih dari suatu opini yang tidak bisa diverifikasi, sekalipun diakui bahwa penelitian menjadi pecahan penting dari tindakan manusia.
Dalam Encyclopediaof Phylosophy dijelaskan, aksiologi disamakan denganValue and Valuation. Ada tiga bentuk value and valuation (Amsal B, 2004:164).
a. Nilai digunakan sebagai kata benda abstrak. Dalam pengertian yang lebih sempit seperti, baik, menarikdanunik dan bagus. Sedangkan dalam pengertian yang lebih luas mencakup beberapa aspeki sebagai pelengkap segala bentuk kewajiban, kebenaran dan kesucian. Penggunaan nilai yang lebih luas, mencakup beberapa aspek seluruh macam Koreksi atau predikat pro dan kontra, sebagai lawan dari suatu yang lain dan tidak sama dengan fakta. Teori nilai atau aksiologi yaitu pecahan dari etika. Lewis sebut nilai sebagai alat untuk mencapai beberapa tujuan, sebagai nilai instrumental atau menjadi baik atau sesuatu menjadi menarikdanunik, sebagai nilai inheren atau kebaikan menyerupai estetis dari sebuah karya seni, sebagai nilai intrinsic atau menjadi baik dalam dirinya sendiri, ataupun sebagai nilai contributor atau nilai yang ialah pengalaman yang mempersembahkan kontribusi.
b. Nilai sebagai kata benda konkret. contohnya dikala kita berkata nilai – nilai, ia seringkali digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang bernilai. Kemudian digunakan untuk sesuatu yang mempunyai nilai sebagai mana berlawanan dengan sesuatu yang tidak dianggap baik.
c. Nilai juga digunakan sebagai kata kerja dalam lisan menilai, memdiberi nilai, dan dinilai. Menilai umumnya sinonim dengan penilaian dikala hal tersebut secara aktif digunakan untuk menilai perbuatan. Dewey membedakan hal wacana menilai, ia berarti menghargai dan mengevaluasi.
Menurut Budidarjo (2011) dalam Syamsir Torang (2014:112) nilai – nilai organisasi sebaiknya disosialisasikan dan dibudayakan biar mudah diterima oleh para anggotanya. Organisasi yang berkarakter, harus mempunyai tujuh nilai yaitu integrity,professionalism,customer orientation, innovation, learning, team work, dan service excellent. Budidarjo dalam Syamsir Torang (2014:111-114) sebut terdapat delapan serius nilai budaya organisasi antara lain:
1. Pelanggan
Organisasi berorientasi pada nilai – nilai cutomer satisfaction, customer oriented, customer focus, cutomer value, dan empaty for clients.
2. Pelayanan dan Kualitas
Pelayanan yang didiberikan organisasi berorientasi pada nilai – nilai: service orientedservice awareness, service excellent dan quality.
3. Orientasi Kelompok
Kelompok dalam organisasi tidak bisa diabaikan, oleh lantaran itu organisasi harus berorientasi pada nilai – nilai kelompok: team work, people oriented, respect for other, cooperation dan collaboration.
4. Orientasi insan
Organisasi juga harus memperhatikan sumber daya insan yang dimiliki dengan berorientasi pada nilai – nilai: commitment for human development, caring, employee development, humanism, empowerment dan people development.
5. Inovatif
Nilai – nilai inovatif yang harus dimiliki oleh organisasi yaitu: continuous improvement, creativity, continuous pursuit of excellent, knowledge based, technobasic integrity, champion spirit dan competitive.
6. Strategik
Keberhasilan organisasi sangat ditentukan oleh seni administrasi yang digunakan dalam mencapai tujuannya. Nilai – nilai strategic yang harus dimiliki organisasi yaitu: strategic alliance, good leadership, continuous learning, networking, professionalism,performance oriented, professional excellent, winning together, visionary dan world class.
7. Prestasi
Prestasi ialah cita-cita organisasi, oleh lantaran itu nilai prestasi yang harus dimiliki organisasi yaitu: achieving, adaptenes, agility, caring, competent people, confident, dedication, discipline, hardworking, reliable, initiative, openness, perseverance, responsible, strive for excellent dan synergy.
8. Moral atau Etika
Nilai – nilai moral atau etika ialah nilai yang sangat signifikan yang harus dimiliki organisasi, antara lain: etical, good attitude, fairness, honesty, humanism, peace of main, social responsibility, trust dan equality.
Dalam fungsi – fungsi administrasi yaitu planning, organizing, actuating dan controlling, seluruh bentuk nilai sangat bermanfaa untuk setiap keputusan yang akan dibentuk dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu organisasi dalam pencapaian tujuannya. Dalam kaitannya dengan manajemen, bagamaimana seorang manajer merencanakan suatu acara kemudian pengorganisasian planning – planning tersebut, mengimplementasikan planning dan yang terakhir melaksanakan pengawasan sehingga serangkaian fungsi administrasi tersebut sanggup memdiberi nilai pada perusahaan.



LihatTutupKomentar